Enda Diciduk Polisi Gadaikan Mobil Curian Hingga ke Aceh

115
Tersangka (tengah) diapit Kanit Reskrim Iptu Ngemok Ginting dan anggota lainnya.

EDISIMEDAN.com, KARO- Enda Holi Sebayang (35) warga Desa Gunung, Kecamatan Tigabinaga, Kabupaten Karo harus mendekam dibalik jeruji besi. Ia dibekuk personil Reskrim Polsek Tigabinanga di rumahnya terkait pencurian mobil sedan jenis Avanza warna hitam BK 1321 HP.

Penangkapannya itu setelah Polsek Tigabinanga mendapat laporan pengaduan dengan LP No : 247/III/2018/SU/Res.TKaro Sektor Tigabinanga tanggal 14 Maret 2018 oleh pelapor bernama Fajar Ginting (45) warga yang sama.

Mendapat laporan itu, tak menunggu lama, personil Reskrim Polsek Tigabinanga dipimpim Iptu Ngemok Ginting langsung membentuk tim untuk mengungkap kasus dan mengejar pelaku.

Berkat informasi yang diterima dari masyarakat bahwa mobil Avansa warna hitam itu dipakai Enda Holi Sebayang. Sehingga, Kamis (24/4/2018) sekira pukul 23.00 WIB Holi dibekuk di rumahnya tanpa perlawanan. Ia langsung diboyong ke Mapolsek Tigabinanga untuk dilakukan pemeriksaan.

Didepan penyidik, Ia mengakui perbuatan yang tak terpuji itu.
“Iya, saya yang mencuri mobil itu, saya melakukannya sendiri. Mobil itu udah diborohkan kepada Iwan (40) warga Desa Sigli Aceh Pidie,”ujarnya tertunduk.

Dikatakannya, karena surat-surat mobil tidak dibawa, Ia meminta uang sebesar Rp10 juta dengan janji akan diantarkannya nanti kepada Iwan.

Kanit Reskrim membentuk tim untuk melacak keberadaan mobil tersebut di Sigli, Jumat (4/5/2018).

Sekitar pukul 21.00 WIB tim yang dipimpin langsung Iptu Ngemok Ginting dibantu Reskrim Polres Tanah Karo berangkat dari Tigabinanga menuju Sigli mengikutsertakan tersangka Enda Holi Sebayang sebagai penunjuk keberadaan mobil avansa yang dititipkannya di Sigli.

Pengungkapan kasus pencurian tersebut berbuah hasil, Sabtu (5/5/2018) sekira pukul 10.00 WIB mereka langsung berkoordinasi dengan Polres Pidie untuk menuju ke rumah Iwan.

Pertemuan antara Holi dan Iwan disertai pengawalan Polisi yang ketat. Namun mobil Avanza yang dititipkan Holi kepada Iwan sedang dipakai orang lain ke luar kota.

Penantian itupun berbuah hasil, mobil tersebut kembali dari luar kota sekitar pukul 18.30 WIB. Setelah dilakukan negoisasi dengan Iwan untuk mengembalikan uangnya dan mobil itu akan dikembalikannya. Akhirnya mobil tersebut berhasil dibawa petugas.

Kapolsek Tigabinanga melalui Kanit Reskrim Iptu Ngemok Ginting saat dikonfirmasi, Minggu(6/5/2018) melalui telepon seluler membenarkan bahwa mobil yang diborohkan ke Sigli telah diamankan di Mapolsek Tigabinanga.

” Mobil sudah diamankan di Polsek untuk proses selanjutnya, dan tersangka Enda Holi Sebayang telah kita jebloskan ke sel,”ujarnya singkat. [anita]

Apa Tanggapan Anda?