Home / MEDAN TODAY / Field Trip Educational Tourism” oleh PGSD FIP UNIMED Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa

Field Trip Educational Tourism” oleh PGSD FIP UNIMED Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa


EDISIMEDAN.com,MEDAN – Kegiatan field trip atau kegiatan belajar yang dilakukan di luar lingkungan sekolah merupakan agenda rutin banyak sekolah, mulai dari TK sampai ke perguruan tinggi, bertujuan untuk membuat anak belajar langsung di dunia luar. Sama halnya yang dilakukan oleh FIP, untuk melakukan penguatan literasi  budaya kepada siswa  diadakanlah field trip (8-30 November 2021) yang berlokasi di Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh team MBKM skim Desa wisata yang diketuai oleh Yusri Kurnia Pasaribu (PGSD), Denisa Reyka Trivena Sinaga (PGSD), Novita Sari Gabriella Silaban (PGSD), Sinta Debora Sianipar (Ilmu Ekonomi), Debora Silvia (Pendidikan Kimia) dan dibimbing oleh Bapak Try Wahyu Purnomo, S.Pd.,M.Pd. Hal yang melatarbelakangi dibentuknya program ini adalah tingkat motivasi wisatawan sudah berubah yang semula sekedar keinginan untuk rekreasi sebagai kebutuhan fisik, namun kemudian lebih berorientasi pada motivasi pengembangan diri (self esteem/development), aktualisasi dan kebutuhan akan penghargaan. Suatu proses pendidikan tentunya tidak hanya selalu diterapkan dalam lingkungan formal atau non formal saja (sekolah atau lembaga pendidikan luar sekolah) akan tetapi juga dapat dilakukan pada kegiatan-kegiatan kepariwisataan.

Baca Juga:  UNIMED Wisuda 1.381 Lulusan Sarjana

Dalam konsep pariwisata yang berbasis pendidikan, aspek proses dilakukan dengan memberikan pengalaman wisata yang berkualitas diberikan kepada para wisatawan. Di Sumatera Utara sendiri memiliki banyak tempat pariwisata berbasis edukasi, salah satunya adalah Wisata Sawah di Pematang Johar. Dengan program pengalaman mengajar di luar kampus yang diselenggarakan oleh UPI dan di dukung oleh UNIMED, maka Wisata Sawah ini menjadi tempat pelaksanaan Program ini. Program ini berbasis Field trip educational tourism sebagai sarana penguatan literasi budaya siswa berbasis outing class.

Adapun mitra dalam kegiatan ini adalah SMP Swasta Salsa, Wisata Sawah, Sanggar Batik Liza Mangrove, dan Sanggar Seni Alfhun. Beberapa petinggi kegiatan turut hadir dalam kegiatan field trip seperti Ketua BPD Pematang Johar, Kepala Unit Wisata Sawah, Perwakilan Guru SMP Swasta Salsa, Perwakilan Liza Mangrove dan Perwakilan dari Sanggar Seni Alfhun. Untuk alur kegiatan Field trip educational tourism ini ada 9 kegiatan yang dilaksanakan yaitu

  1. Survey dan Pengurusan Izin Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (1-2 November 2021)
  2. Sosialisasi dan Pembinaan Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (3 November 2021)
  3. FGD Persamaan Persepsi Mahasiswa dan Guru SMP Swasta Salsa menentukan relevansi materi pelajaran dengan potensi di destinasi wisata Desa Pematang Johar Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (5-6 November 2021)
  4. Field Trip Wisata Sawah Siklus Penanaman Padi Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (8-9 November 2021)
  5. Field Trip Wisata Sawah Budidaya Jamur Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (11-12 November 2021)
  6. Monitoring Keberlanjutan Kegiatan Budidaya Jamur di SMP Swasta Salsa (T 15-16 November 2021)
  7. Field Trip Liza Mangrove Batik Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (17-18 November 2021)
  8. Field Trip Sanggar Seni Alfhun Kegiatan Field Trip Educational Tourism Sebagai Sarana Penguatan Literasi Budaya Siswa Desa Pematang Johar Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang (19-20 November 2021)
  9. Penguatan Keterampilan Tari di SMP Swasta Salsa (29-30 November 2021).(red) 
Terkait


Berita Terbaru