Home / NEWS / Gelar Buka Bersama, Rizal Sirait Sosialisasikan Empat Pilar dengan Para Guru Al-Washliyah

Gelar Buka Bersama, Rizal Sirait Sosialisasikan Empat Pilar dengan Para Guru Al-Washliyah


SOSIALISASI 4 PILAR.Anggota DPD/MPR RI Asal Sumatera Utara Rijal Sirait, kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada kalangan guru-guru Al Washliyah se-Kota Medan, agar pengetahuan itu dapat ditularkan kepada para siswa.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- Anggota DPD/MPR RI Asal Sumatera Utara Rijal Sirait, kembali melakukan sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada kalangan guru-guru Al Washliyah se-Kota Medan, agar pengetahuan itu dapat ditularkan kepada para siswa.

Sosialisasi empat pilar ini dibalut dengan kegiatan buka bersama di aula Universitas Al Washliyah Medan, pada Senin (12/6/2017).

Dalam kegiatan itu, Rijal Sirait meminta kepada peserta sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan untuk selalu menjaga silahturahmi yang telah terbangun baik selama ini. Terlebih dibulan suci Ramadhan yang penuh berkah, silaturahmi menjadi hal yang penting untuk dilakukan demi menjaga kerukunan antar umat umat beragama.

“Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara itu adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Rijal mengajak peserta sosialisasi untuk mensyukuri persatuan dan kesatuan yang sudah terjalain lama di Indonesia,” ujar Rizal dihadapan para guru.

Baca Juga:  Relawan Eramas yang Cabut Dukungan Ternyata Tak Terdaftar di KPU dan Tim Pemenangan

Menurutnya, banyak negara yang terpecah-pecah karena perbedaan agama, tapi Indonesia bisa menyatukan enam agama. Banyak negara tercerai berai karena perbedaan suku, namun Indonesia mampu menyatukan lebih dari 400 suku.

“Banyak negara harus berpisah karena bahasa, namun Indonesia dapat menyatukan ratusan ragam bahasa di daerah-daerah dengan bahasa persatuan Indonesia. Karunia Allah berupa persatuan dan kesatuan ini harus,” katanya.

Anggota Komite I DPD RI ini mengajak para guru-guru Al Washliyah untuk terus menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada semua muridnya, apalagi rasa cinta terhadap tanah air merupakan sebagian dari iman.

Dia juga mengingatkan agar guru-guru Al Washliyah dapat mencegah berkembangnya paham radikal. Ada dua hal yang bisa dilakukan, yakni memberikan pemahaman ajaran agama secara utuh dan benar, kemudian memahami dan mengamalkan nilai yang terkandung pada 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara.

Baca Juga:  Diperiksa KPK, Rizal Sirait: Pertanyaannya Seperti yang Dulu

Dia juga mengajak guru-guru Al Washliyah untuk menjaga keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara, karena hidup sekarang berat dan penuh tantangan, tetapi dengan keharmonisan hidup, diyakini anak bangsa dapat membangun Indonesia menjadi lebih baik, termasuk mengatasi dan mencegah berkembangnya paham radikal.

Menurutnya, menjaga keutuhan NKRI adalah kewajiban semua warga negara. Masalah yang menjadi faktor disintegrasi bangsa harus diselesaikan sejak dini oleh seluruh komponen bangsa.[ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up