Home / SUMUT / Gelar Pemilihan Duta GenRe, BKKBN Sumut : Remaja Merupakan SDM Unggul Untuk Indonesia

Gelar Pemilihan Duta GenRe, BKKBN Sumut : Remaja Merupakan SDM Unggul Untuk Indonesia


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-Malam Grand Final Ajang Kreatif Produktif Generasi Berencana (GenRe)  Indonesia yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara berlangsung lancar.

          Pada ajang yang sekaligus Pemilihan Duta GenRe Provinsi Sumatera Utara tahun 2019 yang dilangsungkan di Hotel Mercure Medan, Jumat (31/8/2019) itu juga sangat disambut antusias oleh para pendukung calon duta yang didominasi para millenial. Mereka berdatangan dari berbagai daerah guna menyaksikan pemilihan Duta GenRe 2019.
          Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Temazaro Zega saat membuka Grand Final Ajang Kreatif Produktif GenRe Indonesia itu menyatakan pada tahun ini kabupaten/kota peserta Duta GenRe ini sebanyak 13 kabupaten/ kota. Sebelumnya kegiatan ini biasanya hanya diikuti oleh remaja yang ada di Kota Medan saja. Lalu seiring waktu, kegiatan ini diperluas hingga 2 sampai 5 kabupaten/kota dan tahun ini yang paling menggembirakan karena peserta Duta GendRe diikuti oleh 13 kabupaten kota. Ia berharap terpilihnya Duta GenRe dapat menjadi roel model bagi remaja lainnya agar tidak terjerumus pada prilaku menyimpang seperti menikah dini, seks bebas, dan terpapar narkoba.
         Dikesempatan itu pula, Temazaro Zega memaparkan bahwa jumlah remaja  di Indonesia saat ini ada  27 persen sampai 30 persen dari jumlah penduduk, begitu juga dengan Sumatera utara. oleh karena itu, BKKBN mengambil bagian didalam mempersiapkan remaja yang tangguh. Karena remaja adalah sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia maju ke depan.
         “Sebab itulah, BKKBN mengembangkan satu program GenRe untuk membina para remaja mewujudkan remaja yang sehat, kuat dan produktif. Para remaja kita ajak untuk menghindari perilaku berisiko (seks bebas, nikah dini, penyalahgunaan narkoba). Disamping itu hal penting lainnya adalah mengajak para remaja Indonesia untuk mendewasakan usia perkawinan. Menikah dengan usia 21 tahun bagi wanita, dan 25 tahun bagi pria,” jelasnya.
         Dikatakannya, pihaknya terus mempromosikan usia Perkawinan ini,  karena rata-rata usia perkawinan di Sumut sudah melebihi usia 21,5 tahun. Namun, disebagian kabupaten/kota justru ada juga  yang menikah dibawah 21 tahun bahkan dibawah usia19 tahun.
        Melihat hal ini, ditegasnya pihaknya terus mendorong sehingga sesuai target rencana strategis (Renstra) BKKBN bahwa di Sumut Diharapkannya bisa mencapai usia kawin pertama pada umur 22 tahun.
         Hadir pada acara tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah diwakilkan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut, WAN Hidayati, Ketua Tim Penggerak PKK Provsu diwakilkan Sekretaris PKK, Reza, dan hadir juga Direktur Bina Remaja BKKBN yang diwakilkan oleh Kasubdit Bina Ketahanan Remaja, Asep yang sekaligus sebagai juri pada ajang ini.
         Senada dengan yang dikatakan Direktorat Bina Ketahanan Remaja BKKBN RI diwakilkan Kasubdit Bina Ketahanan Remaja, Asep mengatakan
pihaknya mendorong mewujudkan remaja sehat, kuat dan produktif sehingga menjadi SDM yang unggul.
        Apalagi ia mengaku khawatir karena berdasarkan data bahwa jumlah remaja di dunia tahun ini mencapai 1,8 milyar. Jumlah ini dalam sejarah kependudukan dunia adalah paling besar. Namun terdapat 600 juta remaja di dunia termasuk di Indonesia, Sumut, menghilang dari agenda pembangunan. Menghilang karena ada pernikahan dini, penyalahgunaan narkoba dan prilaku menyimpang lainnya.
        “Yang 600 remaja ini dikatakan hilang dari agenda pembangunan karena menikah dini, dan penyalahgunaan narkoba. Karena faktor itu remaja tersebut tidak dapat berkontribusi yang banyak terhadap pembangunan,” ucapnya
          Di indonesia ditegaskannya,  berdasarkan survey, prilaku seksual remaja itu di Indonesia semakin premisif “seolah-olah boleh”. Misalnya berdasar survey ada 80 persen remaja itu boleh melakukan hubungan seksual. Hal ini juga dibuktikan dengan prilaku pacaran yang semakin bervariasi.
          “Oleh karena itu, akibat perilaku berisiko itu, remaja banyak mengandung diusia dini. Karena kondisinya sudah begini, maka remaja itu akan putus sekolah lalu menikah, atau ia tidak bekerja dengan maksimal dan kemudian mengakibatkan sedikit kontribusinya terhadap pembangunan. Dan jika hamil dengan usia dini lalu melahirkan, maka anak yang dilahirkan akan menjadi generasi yang kemungkinan besar akan menjadi generasi yang tidak berkontribusi terhadap pembangunan karena diasuh oleh orangtua yang belum matang untuk membina keluarga” ungkapnya.
          Untuk mengantisipasi ini, dikatakanya BKKBN, BNN dan dinas terkait membentuk Pembinaan Ketahanan Remaja dan  membentuk pendidik sebaya yang tujuannya bisa memberikan pendidikan kepada remaja jika mengalami masalah.
          Oleh karena itu, Ajang ini dikatakannya moment penting dimana diajang ini akan dipilih duta remaja yang nantinya dapat memberikan pendidikan kepada teman sebaya.
          Sementara itu, keluar sebagai pemenang juara Duta Gendre Putra, Juara 1,  Adrian Fahri perwakilan Kota Medan, Juara 2, M. Irsan Syahputra dari  Kota Medan, Juara 3, T. Imam Wahyudi dari  Kota Medan.
         Sedangkan Juara Duta Gendre  Putri, Juara 1, Sarah Noverta Purba dari Kota Sibolga, Juara 2,  Azizi Syafila Harahap dari Kota Binjai, Juara 3,  Nur Rahmi Aqilia dari Kabupaten Asahan
          Dan untuk The Best Favorite dikuasai oleh Muh. Rayhan Ananda dari  Kota Medan, The Best Social Media Inspirator, Muh. Alfa Rizi dari Kabupaten Langkat, dan The Best Motivator, Angger Rahmadi R. dari Kota Binjai
          The Best Favorite untuk putri diraih oleh Ammara Zatira H dari Kota Medan
The Best Social Media Inspirator, Afifah Yan Aulia dari  Kota Medan, The Best Motivator,  Novyta Sari Purba dari Kabupaten Simalungun dan untuk The Best Poster diraih oleh Nurhazlina Pratiwi dari Pematang Siantar. (Mahbubah Lubis)
Baca Juga:  Wagubsu: Songsong MEA, Pemuda Harus Miliki Semangat Prajurit
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up