Home / NEWS / Gempa Bumi Semakin Intens, Pemprovsu Minta Pengelola Gedung Bertingkat Punya Disaster Managemen

Gempa Bumi Semakin Intens, Pemprovsu Minta Pengelola Gedung Bertingkat Punya Disaster Managemen


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meminta agar seluruh pengelola gedung-gedung bertingkat memiliki manajemen kebencanaan (disaster managemen). Permintaan ini menyusul tingginya intensitas gempa bumi yang terjadi belakangan ini disejumlah wilayah Sumatera Utara.

Kepala BPBD Sumut,Riadil Akhir Lubis mengatakan hal ini akan ditindaklanjuti dengan pembuatan regulasi agar ini menjadi keharusan mengingat intensitas gempa bumi semakin sering terjadi.

“Aturan ini akan diusulkan agar diatur dalam peraturan daerah atau minimal dalam bentuk peraturan gubernur,” kata Riadil di Kantor BMKG Sumut, Rabu (15/2/2017).

Dalam regulasi itu kata Riadil, akan  mengatur beberapa hal, termasuk adanya penjelasan langkah-langkah penyelamatan (safety briefing) dalam setiap kegiatan terutama pada gedung-gedung. Safety briefing ini menurutnya menjadi bagian penting untuk mengurangi resiko menjadi korban ketika bencana terjadi.

“Sama seperti yang dilakukan ketika pesawat akan terbang, penumpang diberi penjelasan mengenai langkah-langkah penyelamatan diri. Termasuk memberitahukan arah jalur evakuasi. Ini harus,” ujarnya.

Baca Juga:  6 Pengendara Terjaring Penertiban Asmara Subuh

Diketahui, aktifitas gempa terjadi secara intensif dalam sebulan terakhir di Sumatera Utara dengan titik gempa diseputaran Deli Serdang. Sejak 16 Januari 2017 lalu hingga 14 Februari lalu pihak BMKG menyampaikan terjadi 185 kali gempa yang diakibatkan pergeseran seser atau patahan lokal yang banyak terjadi di Deli Serdang. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up