Home / NEWS / Golkar dan Demokrat Sumut Lolos Verifikasi Faktual

Golkar dan Demokrat Sumut Lolos Verifikasi Faktual


Ketua Partai Demokrat Sumut JR Saragih (paling kanan) saksikan tim KPUD Sumatera Utara, saat melakukan verifikasi faktual, Sabtu (4/2/2018). Dari hasil verifikasi tersebut, Partai Demokrat Sumatera Utara telah memenuhi syarat. [edisimedan.cpm/istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Tim KPUD Sumatera Utara mendatangi Partai Demokrat Sumatera Utara guna melakukan verifikasi faktual, Sabtu (4/2/2018). Dari hasil verifikasi tersebut, Partai Demokrat Sumatera Utara telah memenuhi syarat.

BPOKKD DPD Demokrat Sumut Ronald Naibaho mengutarakan, bahwa dalam memenuhi syarat verifikasi faktual maka dibutuhkan kehadiran ketua, sekretaris, dan bendahara DPD Partai Demokrat Sumatera Utara, SK DPP yang mendapat pengesahan dari menkumham, Surat keterangan keberadaan kantor demokrat, domisili dari kelurahan, serta 30% kepengurusan wanita.

“Semua syarat di atas sudah dilengkapi yang artinya semua syarat yang sudah ditetapkan oleh KPUD telah dipenuhi,” bebernya, Sabtu (4/2/2018).

Dalam memenuhi syarat dari KPUD Sumatera Utara, Ronald Naibaho menambahkan bahwa di tingkat provinsi tidak dibutuhkan jumlah Kartu Tanda Anggota.

“Untuk jumlah kartu tanda anggota masuk dalam hitungan tingkat Kabupaten bukan dalam tingkat provinsi, verifikasi faktual untuk tingkat DPP, DPD, DPC memiliki syarat yang berbeda. Untuk provinsi tidak ada syarat jumlah kartu tanda anggota, pasalnya hanya berlaku di tingkat Kabupaten dan Kota,” urainya lagi.

Baca Juga:  Ketua KPU Minta Saksi Kredibel Saat Rekapitulasi Nasional

Meski sudah memenuhi syarat yang ditentukan, dirinya berkata bahwa Partai Demokrat Sumatera Utara lolos atau tidak ditentukan oleh pihak KPUD itu sendiri.

“Untuk menyatakan apakah lolos atau tidak itu yang menentukan adalah KPUD melalui rapat pleno yang artinya Partai Demokrat akan diberitahu melalui surat pemberitahuan melalui KPUD dan itulah mekanismenya,” tukasnya.

Sebelumnya, Partai Golkar Sumatera Utara juga memenuhi persyaratan dan dinyatakan lolos verifikasi faktual oleh KPU Sumut. Pasalnya, Golkar sudah menghadirkan 30 persen dari 44 pengurus perempuan di Golkar Sumut.

“Setelah kita melihat perbaikan persyaratan yang diberikan Golkar Sumut pada verivikasi faktual lanjutan telah memenuhi persyaratan,” ujar Kasubbag Teknis dan Hupmas Harry Dharma Putra, Sabtu (3/2/2018).

Harry mengatakan, sebelumnya Golkar dinyatakan belum memenuhi persyaratan pada verfikasi faktual pertama tanggal 29-30 Januari lalu. Sebab keterwakilan perempuan 30 persen yang hadir belum lengkap. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up