GOPTKI Kota Medan Serahkan APE Untuk PAUD & TK se-Kota Medan

10

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Dinas Pendidikan Kota Medan bekerja sama dengan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Kota Medan menyerahkan alat permainan edukatif (APE) luar dan dalam kepada 21 lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) se-Kota Medan. Tujuannya untuk mendukung sarana prasarana didik guna mendorong dan merangsang stimulus kreatifitas anak usia dini.

 

Penyerahan APE diberikan langsung Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) GOPTKI Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar kepada 21 kepala sekolah PAUD dan TK di Gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Jalan Rotan Medan, Selasa (29/10). Adapun APE yang diberikan berupa ayunan (APE luar) dan puzzle bergambar (APE dalam).

 

Dikatakan Ketua GOPTKI Kota Medan, pemberian APE tersebut menjadi wujud dan bukti kepedulian dan tanggung jawab GOPTKI dan Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan untuk mendukung tumbuh kembang anak di usia dini. Hal ini penting dilakukan demi mendorong pertumbuhan motorik anak lewat belajar dan bermain lewat APE.

 

Alhamdulillah, hari ini semua dapat menyaksikan bersama penyerahan APE kepada sejumlah PAUD dan TK se-Kota Medan. Tentu ini menjadi hal yang menggemberikan karena APE ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi anak-anak kita terutama di usia pertumbuhan mereka yang harus diisi dan dilewati dengan berbagai kegiatan yang menggembirakan namun tetap edukatif,” kata Ny Nurul.

 

Oleh sebab itu, Ny Nurul berpesan kepada seluruh kepala sekolah yang menerima APE agar dapat menjaga dan merawat APE yang telah diberikan. Terlebih tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta mendorong kreatifitas pendidik dan peserta didik. Untuk itulah, APE hendaknya dapat menjadi wahana dan sarana pendukung yang mumpuni bagi setiap PAUD dan TK.

Selanjutnya, Ny Nurul Kahirani yang juga sekaligus istri Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi tersebut mengajak semua pihak terutama para kepala sekolah untuk mengajarkan dan peserta didik agar senantiasa menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, turut mensosialisasikan pengurangan plastik dengan membawa botol minum isi ulang masing-masing.

 

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pemko Medan tengah gencar mensosialisasikan pengurangan penggunaan plastik dalam aktifitas dan rutinitas sehari-hari, terutama kepada masyarakat. Untuk itu hendaknya kita juga ikut andil mengambil peran dalam mensosialisasikan dan mensukseskan program tersebut guna mengurangi jumlah sampah plastik di Kota Medan,” ajaknya.

 

Terakhir, Ny Nurul berpesan agar para kepala sekolah dan pengurus GOPTKI dapat bersinergi membina dan mengawasi anak didik di wilayahnya masing-masing. “Semoga setiap langkah dan upaya yang kita lakukan ini memberi dampak yang luar biasa bagi perkembangan anak-anak kita, sehingga nantinya mereka dapat menjadi generasi emas dan calon-calon pemimpin masa depan,” pungkasnya. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?