Home / SUMUT / Gubernur Sumut Harap Kegiatan Peringatan Bulan PRB Menjadi Evaluasi Tangani Bencana Alam

Gubernur Sumut Harap Kegiatan Peringatan Bulan PRB Menjadi Evaluasi Tangani Bencana Alam


EDISIMEDAN.com, Medan: Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengharapkan kegiatan Peringatakan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional (PRB) yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dipusatkan di sejumlah daerah di Sumatera Utara seperti Medan, Simalungun, Karo, dan Samosir harus menjadi kegiatan yang nyata sehingga dapat melakukan evaluasi dan mengetahui apa yang harus dilakukan. Hal tersebut dikatakan Gubernur Edy usai membuka puncak kegiatan Peringatakan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional (PRB) dengan tema aksi solidaritas NTB dan Sulteng melalui kemitraan pemerintah, masyarakat dan lembaga usaha di Hotel Santika Premier Medan, pada Rabu (24/10/2018).

“Saya kepingin bahwa kegiatan seperti ini adalah real. Kita evaluasi dan real sehingga kita tahu apa yang harus kita lakukan. Walupun kecil tapi real. Jangan besar tapi tidak real atau meng-andai semua. Karena ini untuk keselamatan rakyat yang harus kita pikul”, kata Edy.

Baca Juga:  Pangonal Lantik Ahmad Muflih jadi Sekda Pemkab Labuhanbatu

Dikesempatan yang sama, Sekretaris Utama BNPB, Dody Ruswandi menyatakan bahwa harus bersama-sama berkomitmen dalam menanggulangi risiko bencana alam. Dan disinilah perlunya dukungan Pemerindah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan membuat regulasi-regulasi.

“Saya berharap semua saling komitmen. Pemda harus memberikan dukungan. Menurut saya jatuhnya korban pada kejadian bencana alam bukan karena bencana alamnya melainkan masyarakat menjadi korban karena tertimpa bangunan sehingga Pemda harus membuat regulasi apalagi dikatakan Gubernur bahwa Sumut ini terletak di dua garis pantai”, kata Dodi.

Sementara itu, kegiatan dilanjutkan talkshow membangun Palu dan Lombok kembali, aksi donasi untuk sulteng, pencanangan kampanye the power of 100, acara tangguh award. Dan adapun target digelar kegiatan tersebut guna memahami risiko bencana, penguatan tata kelola risiko bencana dan meningkatkan kesiasiagaan bencana untuk respon yang efektif dan untuk “build back better’ dalam pemuliahn, rehabilitasidan rekonstruksi.

Baca Juga:  GRANAT Labuhanbatu Minta Kemenkum HAM Sidak Lapas dan Rutan

Hadir dalam kegiatan tersebut, sejumlah Walikota di Sumatera utara, Bupati dan jajaran BPBD Sumut, BPBD Medan, dan jajaran BNPB Sumut,Perwakilan DPR RI. (Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up