Home / MEDAN TODAY / NEWS / Gubsu Pantau Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Petisah

Gubsu Pantau Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Petisah


Gubsu Edy Rahayadi Pantau Harga Kebutuhan Pokok Di Pasar Petisah

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Untuk memastikan harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi turun langsung memantau harga pangan di Pasar Petisah Medan, Rabu (23/12/2020) pukul 06.30 WIB.

Usai melakukan pantauan, Gubsu yang turun dengan rombongannya itu mengatakan bahwa harga sejumlah bahan kebutuhan pokok relatif stabil dan stoknya juga aman.

“Harga stabil, kecuali harga cabai merah dan harga ayam potong dan daging namun masih terbilang wajar, saya harap tidak terjadi lonjakan dan saya lihat pasar berjalan dengan baik,” tegas Edy.

Dalam kesempatan itu ia juga mengaku bahwa untuk logistik di Sumatera Utara dalam situasi aman selama tidak ada hal-hal yang urgen terjadi.

Ia menghimbau , masyarakat harus tenang dalam memenuhi kebutuhan natal dan tahun baru. Dan meminta agar tidak melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi harga.

Baca Juga:  Bobby Nasution Pernah Terima Mandat Capreskan Tommy Soeharto

“Saya minta masyarakat jangan ada melakukan kegiatan mempengaruhi harga Karena kalau harga sudah terpengaruh maka kita semua akan susah,” ungkapnya.

Terkait keluhan sepinya pembeli, ia menyatakan bahwa kondisi ini disebabkan keuangan yang tidak stabil imbas covid-19.

“Langkah menstabilkan keuangan, Kita akan atur dengan melakukan kegiatan- kegiatan ekstra untuk memulihkannya, seperti mempercepat penyerapan APBD atau pendapatan daerah baik itu provinsi maupun kabupaten- kabupaten kota. Dan kita harapkan dan saya sudah instruksikan di bulan Januari ini sudah melakukan tender-tender sehingga penyerapan keuangan kita yang terserap akan berpengaruh positif terhadap perekonomian rakyat di daerah kita ini,” tandas Edy Rahmayadi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumut, Dahler Lubis di tempat yang sama menyampaikan bahwa stok cabai merah di Sumut cendrung cukup namun karena permintaan tinggi sehingga harga menjadi naik.

Baca Juga:  Bobby Pas Memimpin Medan, Rambo Deklarasikan Dukungan

“Selain permintaan tinggi, mahalnya harga cabai ini berdasarkan pantauan saya dikarenakan petani juga menjualnya ke beberapa provinsi lain. Petani kita selama ini hanya menerima Rp 15 ribu sampai Rp 17 ribu. Dan kenaikan harga ini diperkirakan nya terjadi hanya beberapa bulan ini aja,” katanya.

Sementara itu, pedagang, Pasaribu mengaku harga cabai saat ini sudah turun dari kemarin. Untuk cabai merah harganya Rp 56 ribu perkilogram. Tapi ada juga yang ukuran kecil di harga Rp 48 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram.

Sebelumnya ia mengatakan cabai dipasarkan Rp 60 ribu. Menurutnya menjelang Natal dan Tahun Baru, harga cabai merah bisa saja tidak mengalami kenaikan selama tidak ada perubahan cuaca.

Selain cabai merah, bawang merah juga mengalami penurunan dari Rp 36 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogram untuk ukuran super.

Baca Juga:  Peduli Bencana, JNE Gratiskan Biaya Pengiriman Bantuan

Sedangkan bawang putih mengalami kenaikan harga dari Rp 24 ribu menjadi Rp 26 ribu. Selain itu tomat bertahan diharga Rp 10 ribu hingga Rp 11 ribu per kilogram. Cabai hijau juga bertahan Rp 32 ribu ke Rp 34 ribu perkilogram.[bd]

Terkait


Berita Terbaru