Home / SUMUT / Gubsu: Pemulihan Ekonomi Diperkirakan Akan Meningkat

Gubsu: Pemulihan Ekonomi Diperkirakan Akan Meningkat


Edisimedan.com, Medan– Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Edy Rahmayadi menegaskan pemulihan ekonomi nasional yang tengah berlangsung diprakirakan semakin meningkat.

Di mana pada tahun 2021 nanti, ekonomi Indonesia diprakirakan tumbuh mencapai 4,8% – 5,2% (yoy), lebih tinggi dari tahun 2020, didukung oleh pertumbuhan positif dari konsumsi dan investasi yang disertai solidnya kinerja net ekspor.

“Konsumsi rumahtangga meningkat dengan menguatnya pendapatan yang didukung oleh perbaikan penyerapan tenaga kerja, serta berlanjutnya program PEN dan bantuan sosial. Konsumsi pemerintah juga menguat dengan kinerja penerimaan yang lebih baik sehingga belanja dapat lebih ekspansif. Seiring dengan perbaikan di sisi permintaan, seluruh lapangan usaha utama diprakirakan mengalami akselerasi pertumbuhan, “kata Gubsu saat memberikan kata sambutannya pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020 yang diselenggarakan di Hotel Adi Mulia, Kota Medan, Provinsi Sumut, Kamis (03/12/2020).

Baca Juga:  Gempa 4,9 SR Landa Nias, Warga Gunungsitoli Panik

Kegiatan yang turut dihadiri, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, unsur Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Daerah, pimpinan perbankan dan korporasi nonbank, akademisi, pengamat ekonomi, serta perwakilan konsulat negara sahabat tersebut, Gubsu juga menjelaskan tekanan inflasi diprakirakan meningkat di 2021 sejalan dengan pemulihan ekonomi.

Di bidang sistem pembayaran, perluasan sejumlah kebijakan akan terus dilakukan, seperti QRIS dan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP).

“PTBI diselenggarakan rutin setiap akhir tahun untuk menyampaikan pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian terkini, tantangan dan prospek ke depan, serta arah kebijakan Bank Indonesia. Paparan ini sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi Bank Indonesia, “ungkap Edy Rahmayadi mengakhiri kata sambutannya.(bd)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up