Home / MEDAN TODAY / Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan Semprot Cairan Disinfektan Di Medan Labuhan

Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan Semprot Cairan Disinfektan Di Medan Labuhan


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan  kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada Selasa (7/4/2020).

Kali ini, fokus penyemprotan di kawasan Medan Utara yakni Kecamatan Medan Labuhan. Sejumlah fasilitas umum terutama rumah warga menjadi target penyemprotan cairan yang dinilai efektif mencegah penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut. Seperti biasa, sebanyak 200 petugas gabungan yang terdiri dari unsur Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Medan, personil TNI dari Kodim 0201/BS, Yon Zipur, Yon Armed, Yon Arhanud, Dinas Pencegahan & Pemadam Kebakaran (P2K) dan Satpol PP Kota Medan lebih dahulu mengikuti apel petugas di Kantor BPBD Kota Medan Jalan Rahmad Komplek PIK Menteng, Kecamatan Medan Denai.

Sejak pagi, petugas gabungan telah bersiap untuk kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Hal ini dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan sebagai upaya preventif guna mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan warga. Apalagi saat ini, Kota Medan menjadi zona merah Covid-19 karena dinilai memiliki angka kepadatan penduduk dengan tingkat mobilitas warga yang cukup tinggi.

Baca Juga:  LARI Minta Kejari Periksa Kadisdik Medan

 Oleh sebab itu, Gugus Tugas Covid-19 terus melakukan upaya pencegahan agar Covid-19 tidak semakin menyebar secara luas dan masif. Terlebih di kawasan Medan Utara yang menjadi jalur lalu lintas pintu masuk dan keluar baik dari dan menuju Pelabuhan Belawan. 

Usai apel, petugas kemudian bersiap untuk dibagi dalam beberap tim. Masing-masing tim nantinya akan dikomandoi oleh ketua tim dari masing-masing satuan guna melihat, memantau, mengawasi dan memastikan agar proses penyemprotan cairan disinfektan berjalan efektif dan tepat sasaran.

 Kemudian, setelah seluruh perlengkapan dan kebutuhan termasuk alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan petugas selama penyemprotan berlangsung telah dipersiapkan, barulah seluruh petugas bergerak menuju Kecamatan Medan Labuhan. Adapun beberapa wilayah yang disemprot yakni Kelurahan Pekan Labuhan, Kelurahan Nelayan Indah dan Kelurahan Tangkahan.

Baca Juga:  KPK: Hapuskan Honor Kegiatan, Segera Berlakukan TPP

Meski dibawah terik matahari yang cukup menyengat dan dalam balutan APD, satu persatu petugas tetap bersemangat menyusuri satu persatu rumah-rumah warga untuk melakukan penyemprotan. Hal ini dimanfaatkan untuk mengedukasi warga agar lebih waspada terhadap Covid-19 dengan senantiasa disiplin mengikuti anjuran pemerintah dan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring sekaligus Ketua Gugus Tugas Covid-19 mengaku penyemprotan cairan disinfektan akan terus dilakukan. Tercatat, sudah ribuan titik Kota Medan telah dilakukan penyemprotan  disinfektan termasuk sekolah, kampus, rumah ibadah, area publik, kantor layanan pemeintahan, rumah warga, jalan dan pasar-pasar di Kota Medan.

“Kami berharap langkah yang dilakukan ini dapat didukung oleh warga dengan tetap berada di rumah. Jangan keluar jika tidak ada keperluan mendesak. Sebab, dibutuhkan komitmen bersama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Medan. Kita tentu berharap wabah ini segera berakhir dan semua aktifitas warga dapat kembali berjalan normal seperti biasa,” kata Arjuna.(Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up