Home / NEWS / Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km


ERUPSI SINABUNG. Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi. Masyarakat di sekitar Gunung Sinabung diimbau untuk menjauhi zona merah. [Foto: dokumentasi CCTV Sinabung]

EDISIMEDAN.com, KARO – Aktivitas Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo meningkat. Setelah menyemburkan abu vulkanik yang menutupi wilayah Sibolangit, Sabtu (15/7/2017), gunung tersebut kembali menampakkan aktivitas erupsi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 2,5 Km.

“Erupsi, tadi sekitar pukul 10.25 WIB‎. Erupsi gunung api Sinabung dengan tinggi kolom abu 2500 meter,” ujar Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Armen Putra, Sabtu (15/7/2017).

Abu vulkanik yang disemburkan mengarah ke Timur Tenggara dari gunung tersebut. ‎Tak hanya mengeluarkan abu vulkanik, gempa ringan juga sempat terjadi.

“Lama gempa 664 detik angin sedang dan kencang arah ke Timur-Tenggara,” tambah Armen Putra.

Lebih lanjut ia mengatakan, erupsi susulan masih bisa terjadi. Saat ini Gunung Sinabung masih status level IV atau Awas. Masyarakat juga diminta selalu waspada dan mengikuti arahan dari pihak terkait.

Baca Juga:  Kronologis Penikaman di Pengadilan Agama; Istri Selamat, Kakaknya Tewas

BACA JUGA
Terjadi 7 Gempa Susulan, Status Gunung Lubuk Raya Masih Normal

“Gunung Sinabung masih berstatus Awas. Cuaca saat ini cerah. Puncak Gunung terpantau dari pos,” pungkas Armen. [buwas]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up