Home / NEWS / Harga Bahan Pokok Di Kota Medan Masih Stabil

Harga Bahan Pokok Di Kota Medan Masih Stabil


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Harga bahan kebutuhan pokok pasca Hari Natal dan menjelang Tahun Baru 2021 masih tergolong stabil karena kenaikan harganya tidak lebih dari 25%. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan Emilia Lubis saat memimpin inspeksi mendadak (sidak) bersama Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Medan di Pasar Tradisional Sei Sikambing dan Pasar Modern Lotte Mart Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (28/12) pagi.

Beberapa bahan pokok yang menjadi fokus saat tim melakukan sidak diantaranya beras premium Rp 11.000/kg masih stabil tidak mengalami kenaikan, telur Rp 1.600/butir juga tidak mengalami kenaikan, sedangkan cabe merah memang mengalami kenaikan yakni  Rp 50.000/kg – Rp 66.000/kg dari harga sebelumnya sekitar Rp 30.000/kg – Rp 45.000/kg saat menjelang Hari Natal lalu. Kemudian, harga bawang merah dan bawang putih masih di seputaran Rp 30.000/kg.

Baca Juga:  126 SPBU di Sumut 24 Jam Layani Arus Mudik dan Balik

Tidak semua bahan pokok yang mengalami kenaikan, Tin Satgas Ketahanan Pangan juga menjumpai beberapa produk yang mengalami penurunan harga pasca Hari Natal diantaranya Ayam potong Rp 33.000/kg yang sebelumnya mencapai Rp 40.000/kg. Kemudian daging sapi segar yang sebelumnya mencapai harga Rp 145.000/kg kini Rp 125.000 – Rp 135.000 per kilogram.

Selain mengecek kestabilan harga, Tim juga mengecek ketersediaan bahan pokok hingga menjelang Tahun Baru 2021. Dari hasil pemantauan tim, ketersediaan bahan pokok masih mencukupi bahkan ada yang melebihi permintaan pasar, salah satunya beras. Menurut laporan pedagang beras kepada Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan, permintaan beras menurun karena banyak masyarakat yang menerima bantuan sosial bagi yang terdampak Covid 19, sehingga permintaan beras ini menurun dan harga relatif lebih stabil dibanding bahan pokok lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Sosok Roma Pasaribu Waterpauw, Istri Kapolda Sumut yang Baru

Selain melakukan sidak di pasar Sei Sikambing, Tim Satgas Ketahanan Pangan juga melakukan sidak di pasar modern, kali ini yang dikunjungi adalah Lotte Mart yang terletak di Jalan Gatot Subroto. Dalam sidak tersebut di samping mengecek harga dan ketersediaan stok  bahan pokok, Tim juga mengecek keamanan produk-produk yang dijual, salah satunya pengecekan tanggal kadaluarsa produk, pengecekan kemasan yang tidak layak dan mengecek izin Edar dan Izin Produksi Rumah Tangga (PIRT) .

Menurut, Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan Emilia Lubis, pada peninjauan kali ini, tim tidak menemukan produk kadaluarsa serta kemasan yang tidak layak. “Kami juga mengecek Izin Edar dan Izin PIRT nya juga semua lengkap. Karena pada sidak sebelumnya kita menemukan beberapa produk yang sudah melebihi tanggal kadaluarsa serta tidak layak konsumsi, tim semakin teliti dalam melihat serta mengecek produk-produk yang ada disini. Jangan sampai kecolongan untuk memberikan keamanan konsumsi bagi masyarakat,” ungkap Emilia.

Baca Juga:  Aski Tolak Yerusalem Ibu Kota Israel di Medan, Foto Presiden Trump Dibakar

Didampingi Petugas dari Unit Ekonomi Reskrim Polrestabes Medan Dzikri Sinurat serta Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Medan yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan, dan PD Pasar ini, juga memastikan stok yang ada di Lotte Mart cukup sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan lonjakan harga yang signifikan. “Sama seperti di Pasar Sei Sikambing stok masih sangat mencukupi terutama beras dan gula, karena permintaan terhadap kedua komoditi tersebut menurun,” jelas Emilia.(bd)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up