Harga Cabai Merah di Medan Turun Drastis

54

EDISIMEDAN.com, MEDAN: Harga cabai merah mengalami penurunan drastis pada Rabu, (20/06/2018). Selama lebaran, aktifitas masyarakat tidak banyak di pasar. Aktifitas bertani juga pastinya akan menyesuaikan. Sementara tanaman cabai terus bertumbuh. Jadi petani tentunya juga banyak yang menunda panennya.

Ketua Tim Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, dengan banyaknya pasokan terus meningkat dan belum diimbangi dengan permintaan yang normal. Sehingga harga cabai belum sepenuhnya mencerminkan kondisi pasar yang normal.

“Saat ini dipasar terjadi disparitas harga cabai yang sangat lebar. Dimana ada cabai yang dijual di harga Rp 8 ribu per Kg, dan ada yang dijual 15 ribu per Kg. Untuk harga 8 ribu per Kg itu khusus untuk cabai merah kualitas rendah. Sementara untuk harga 15 ribu per Kg itu untuk kualitas cabai merah yang bagus,”katanya, Rabu (20/6/2018).

Dikatakannya, yang dikuatirkan adalah petani enggan memanen cabainya karena harganya belum bisa memenuhi biaya produksi. Harga cabai di tingkat petani saat ini itu berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 8 ribu per Kg. Jauh diatas harga balik modalnya dikisaran Rp 12 hingga Rp 15 ribu per Kg.

“Harga cabai jika bertahan di level ini hingga akhir bulan, maka cabai merah sangat berpeluang memberikan sumbangan deflasi bagi Sumut. Meskipun demikian saya menggaris bawahi bahwa kondisi pasar normal baru akan terbentuk pekan depan. Sehingga terlalu dini jika kita menilai bahwa cabai akan dijual murah hingga penutupan bulan Juni ini,”ujarnya.

Sementara itu, harga cabai kecil yang sebelumnya sempat menyentuh Rp 45 ribu di lebaran ke 4. Saat ini harganya sudah mendekati normal dikisaran Rp 32 ribu per Kg nya. Harga cabai kecil ini sebelumnya sempat meroket dikarenakan oleh minimnya stok cabai kecil di pasar.

harga komoditas lainnya yangbmengalami penurunan adalah bawang putih, terpantau harga berada dikisaran Rp 20.000/kg. [Mahbubah Lubis]

Apa Tanggapan Anda?