Home / COMMUNITY / Hari Cuci Tangan Sedunia Dipusatkan di Sekolah Chandra Kusuma

Hari Cuci Tangan Sedunia Dipusatkan di Sekolah Chandra Kusuma


MEDAN | Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia di Sumatera Utara akan dipusatkan di Kabupaten Deliserdang, tepatnya sekolah Chandra Kusuma pada 31 Oktober mendatang. Melibatkan 1.000 peserta dari 11 Sekolah Dasar dan 1 TK, kegiatan ini merupakan puncak dari Gerakan 21 Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Di Air Mengalir bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Lembaga Kemanusiaan, Heartindo.

Sesuai siaran pers yang diterima EdisiMedan.Com, acara ini akan dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Ketua TP PKK Provinsi dan kabupaten Deliserdang, Dinas Kesehatan dan Pendidikan baik Provinsi maupun Kabupaten.

Kehadiran Gubernur setiap tahunnya pada perayaan Global Handwashing Day merupakan dukungannya untuk menggalakkan cuci tangan pakai sabun di air mengalir khususnya rakyat Sumatera Utara.

Dalam acara ini Gubernur beserta jajarannya akan mengkampanyekan cuci tangan pakai sabun di air mengalir melalui pledging dan tanda tangan sebagai bentuk komitmen dan kepedulian terhadap kondisi kesehatan di Sumatera Utara khusunya dan dunia pada umumnya.

Baca Juga:  Gubsu Rela Naik Helikopter Demi Mubes IV Pujakesuma

“Diharapkan melalui peringatan Global Handwashing Day  ini dapat membantu anak Indonesia mencapai usia 5 tahun dan mari kita Selamatkan Jiwa Anak Indonesia dari 10 Kuman Penyebab Masalah Kesehatan Dengan Cuci Tangan Pakai Sabun,” ujar Dede Hariani SKM, Project Manager dari HeartIndo kepada wartawan.

Dijelaskannya, kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang di seluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Di samping itu kampanye juga dimaksudkan sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah.

Kegiatan cuci tangan pakai sabun di air mengalir sudah berjalan selama 4 tahun di Sumatera Utara, digalakkan oleh Heartindo bekerjasama dengan PT Unilever, Tbk dan dukungan penuh dari brand Lifebuoy serta pemerintahan setempat.

Setiap tahunnya, kampanye ini selalu diperingati bersama Pemerintahan Provinsi dan Kota/Kabupaten  juga sekolah-sekolah Dasar binaan Heartindo.

Baca Juga:  Puasa Sudah Dekat, Sutias Ajak Ramaikan Masjid

HeartIndo merupakan sebuah lembaga kemanusiaan yang menyediakan layanan profesional untuk sektor pelayanan kesehatan dan sosial yang terpusat pada pendidikan, kesehatan, administrasi, penelitian dan teknologi.

HeartIndo yang berdiri sejak 2009 lalu sejak awal fokus melakukan kegiatan yang terkait dengan pendidikan dan kesehatan.

Tahun ini Heartindo memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia (Global Handwashing Day) di 2 provinsi yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat, di mana sebelumnya sudah dilakukan pembinaan terhadap Sekolah Dasar yang ada di 7 Kab/kota melalui kegiatan Gerakan 21Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Di Air Mengalir.

Melalui Heartindo setiap tahunnya terjadi peningkatan daerah binaan, jika pada tahun pertama tahun 2011 hanya berjumlah 30 SD dan di 3 kab/kota saja, yaitu Medan, Binjai dan Deliserdang, namun di tahun 2014, cakupan meningkat menjadi 7 kab/kota, yaitu Medan, Binjai, Deliserdang, Tebingtinggi, Simalungun, Pak Pak Bharat dan Kota Padang Sumatera Barat. Dimana ada 500 Sekolah Dasar dan lebih dari 10.000 siswa/i telah dibina melalui kegiatan cuci tangan pakai sabun di air mengalir. [ray]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up