Home / MEDAN TODAY / Hari Kanker Anak, Bobby Nasution Kunjungi Smiling Kids Foundation

Hari Kanker Anak, Bobby Nasution Kunjungi Smiling Kids Foundation


EDISIMEDAN.COM, MEDAN – Bakal Calon Walikota Medan Bobby Nasution turut memperingati hari kanker anak sedunia yang jatuh setiap tanggal 15 Februari. Ayah Sedah Mirah Nasution itu memengunjungi Yayasan Rumah Anak Sehat, Smiling Kids Foundation di Perumahan Puri Teladan Blok Catelia No 8 Medan.

Bobby Nasution bertemu langsung dengan relawan kanker anak, Jenny, pendiri sekaligus Ketua Yayasan Rumah Anak Sehat, Smiling Kids Foundation.

Dalam diskusinya, Jenny mengatakan senang dengan kepedulian Bobby Nasution terhadap anak penderita kanker. Menurutnya, Smiling Kids Foundation yang sudah berdiri selama lebih dari 4 tahun itu, hadir untuk membantu anak-anak penderita kanker, kelainan darah serta penyakit non infeksi.

Tak hanya menyediakan rumah singgah, Smiling Kids juga memberikan konseling psikolog gratis kepada anak dan orangtua yang tinggal di Smiling Kids.

“Target kita anak yang dirawat sembuh. Untuk mendukung kesembuhan perlu diberikan konseling psiklog kepada orangtua dan anak,” ungkapnya pada mantan Manajer Medan Jaya ini.

Kata Jenny, rumah singgah Smiling Kids sudah membantu sekitar 150 anak penderita kanker saat menjalani perawatan dekat rumah sakit tanpa harus memusingkan biaya.

“Saat ini ada 30 anak di sini, ditemani orangtua. Mereka berasal dari Pematangsiantar, Tapanuli Selatan, Nias, Aceh serta Batam dan Padang,” jelas dia.

Menurut Jenny, operasional anak-anak di Smiling Kids merupakan bantuan dari relawan dan tanggungjawab sosial sejumlah perusahaan. Namun, masalah yang dihadapi adalah tingginya biaya pengobatan penyakit.

“Banyak anak yang terhenti menjalani kemoterapi karena obatnya habis. Bahkan kini, beberapa obat yang harus dikonsumsi anak penderita kanker, tidak ditanggung BPJS Kesehatan, sehingga harus dibeli sendiri. Harga obatnya pun tidak murah,” beber perempuan kelahiran 16 Juli 1973 ini.

Jenny juga mengeluhkan sedikitnya dokter spesialis kanker anak.

“Di Indonesia hanya ada 15 orang dokter spesialis kanker anak. Ini sangat miris,” ucapnya.

Untuk itu, Jenny berharap jika Bobby menjadi Walikota Medan nanti, bisa membantu anak penderita kanker ini.

“Paling tidak dengan membuat regulasi meringankan. Karena sistem pengobatan kanker yang dibuat selama ini banyak yang membuat anak kehilangan kesempatan untuk menjalani pengobatan terbaik,” kata dia.

Dalam kunjungannya, Bobby duduk bersama anak dan orangtua yang sedang ada di rumah singgah ini. Hadir juga survival kanker Ratih yang sudah dinyatakan bebas kanker sejak 5 tahun lalu. Putri kelahiran Aceh ini pun kini menjadi relawan di Smiling Kids.

Alumni S2 IPB ini ikut prihatin serta memahami perasaan orang tua dan keluarga anak penderita kanker. Sebab ia sendiri pernah merasakan hal yang sama.

Ketika itu, ayahnya Erwin Nasution divonis dokter menderita leukimia. Namun, pengobatannya tidak berlangsung panjang karena sang Ayah, meninggal dunia.

Masih terkait momen Hari Kanker Anak itu, sejumlah relawan Bobby Nasution juga turut mengunjungi RS Murni Teguh Medan untuk menjenguk sejumlah anak penderita kanker.

“Kolaborasi Medan Berkah yang digagas Bobby Nasution harus menyentuh semua kalangan, tua muda laki perempuan, sehat dan yang menderita sakit,” begitu pesan Bobby Nasution. (red)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up