HKN, Dinkes Sumut Gelar Beragam Kegiatan Bermanfaat Bagi Masyarakat

22

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November 2019, Dinas Kesehatan Sumut (Dinkes Sumut) menggelar sejumlah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Seperti kegiatan yang akan digelar di halaman rumah sakit umum daerah (RSUD) kabupaten Deliserdang pada 17 November 2019 mendatang diantaranya, pemberian kacamata gratis, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, pameran kesehatan, dan senam masal.
“Semua kegiatan ini kita lakukan di puncak peringatan HKN yang akan kita gelar di RSUD Kabupaten Deliserdang, namun untuk pelaksanaan upacara pada tanggal 12 November besok kita akan laksanakan di rumah sakit khusus mata provinsi Sumut, kenapa puncaknya di Deliserdang karena ada perayaan di kabupaten Deliserdang yang masih akan berlangsung yang bisa kita satukan dengan acara kita,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut Ridesman pada konprensi pers berkaitan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55 tahun 2019, Senin (11/11) di aula Dinkes Sumut.
Dalam kesempatan itu juga dikatakannya untuk memeriahkan HKN 2019, akan digelar pelayanan kesehatan bergerak dimana akan dilepas tim kesehatan menuju kabupaten Tapanuli Tengah, kemudian juga akan dilakukan kelas ibu hamil dan balita di Dinkes Sumut dan gebyar cuci tangan pakai sabun (CTPS) di kabupaten Langkat.
“Untuk puncaknya juga akan ada penampilan anak-anak disabilitas, dan pameran peralatan kesehatan diisi oleh para mitra atau stakeholder dinas kesehatan,” ungkapnya.
Sebelumnya sudah digelar beragam perlombaan yang tujuannya untuk menambah keakraban antara insan kesehatan termasuk dinas dan UPT nya, yaitu  Lomba masak, lomba make-up tanpa cermin, lomba catur, lomba tenis meja, lomba video peregangan, penghargaan nakes teladan, Akreditasi puskesmas kabupaten/kota, dan juga pihaknya memberikan penghargaan kepada kecamatan Open Defecation Free (odf) atau kecamatan yang sudah stop buang air besar sembarangan.
“Kecamatan atau desa yang warganya sudah tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan akan kita kasi penghargaan, ini penting sebab sampai saat ini masih ada warga yang buang air besar sembarangan, bahkan kota Medan pun belum beres dari soal ini, jadi ngeri kita liatnya,” ungkapnya.
Puncak HKN 2019 ini direncanakan akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan juga kepala dinas se-kabupaten kota. Kita harapkan, di HKN 2019 yang berslogan generasi unggul ini dapat berjalan sukses. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?