Home / SUMUT / HUT Ke-70 TNI, Tengku Erry: TNI dengan Rakyat seperti Ikan dan Air

HUT Ke-70 TNI, Tengku Erry: TNI dengan Rakyat seperti Ikan dan Air


Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan jajaran FKPD Sumut berfoto bersama usai upacara HUT TNI ke 70 di Lanud Soewondo Medan, Senin (5/10/2015).

MEDAN| Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menjadi inspektur upacara Peringatan HUT TNI ke 70 di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo Medan, Senin (5/10/2015).

Upacara berlangsung khidmat yang diikuti oleh pasukan TNI AD, AL dan AU, Organisasi Kemasyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP). Sebagai Pembina Upacara Mayor Teguh dari Lantamal I Belawan.

Pada kesempatan itu, Tengku Erry mengutip pernyataan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang mengibaratkan hubungan TNI dengan rakyat seperti ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Sehingga rakyatlah yang mengandung, merawat, serta membesarkan TNI. TNI juga harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat.

“Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat, menyakiti hati rakyat, tidak boleh berjarak dengan rakyat, serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” ujar Erry.

Baca Juga:  Mahkamah Kehormatan Dewan Temui Erry Nuradi

Tengku Erry Nuradi juga membacakan amanat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam amanat tersebut, Jokowo berjanji akan meningkatkan kemampuan alutsista TNI serta memperhatikan kesejahteraan prajurit.

“Bapak Presiden menegaskan, untuk membangun kekuatan pertahanan, kita harus bisa memenuhi kebutuhan alutsista secara terpadu di ketiga matra pertahanan. Saat ini hampir semua negara berlomba-lomba untuk memajukan teknologi pertahanannya,” ujar Erry.

Hadir dalam acara ini, Pangdam I/BB Mayjend Lodewyk Pusung, Pa Sahli Tk II Bid Hubint Panglima TNI Mayjen Zaedun, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Arifien Sjahrier, Ketua DPRD Sumut Ajib Shah, Wakil Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Wadan Lantamal) I Belawan Kolonel Marinir Prasodjo Sumarto, Wakapoldasu Brigjen Ilham Salahudin SH MHum, Kajatisu M Yusni, Kabindasu Brigjen TNI Tumino Hadi, Plh Walikota Medan Syaiful Bahri, serta para pejabat Pemprovsu.‪ [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up