Home / MEDAN TODAY / Imlek Fair Diharapkan Dukung Pengembangan Usaha Berbasis UMKM

Imlek Fair Diharapkan Dukung Pengembangan Usaha Berbasis UMKM


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-      Seribuan pengunjung menyaksikan pembukaan Imlek Fair 2020 yang berlangsung di Komplek CBD Polonia Medan, Jumat (10/1) malam. Event yang digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek akan berlangsung selama 10 hari dan dibuka Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi. Diharapkan, Imlek Fair dapat mendukung pengembangan aneka usaha berbasis UMKM di Kota Medan.

Imlek Fair mengusung aneka stand kuliner baik itu Indonesia Food maupun Chinese Food. Ditambah lagi dengan stand pakaian serta otomotif dengan produk terbaru. Di samping itu setiap malamnya, mulai pembukaan hingga penutupan, panitia akan bagi-bagi hadiah kepada para pengunjung. Oleh karenanya Jhon Heri berharap agar warga dapat meluangkan waktunya untuk mengunjungi Imlek Fair.

Atas nama Pemko Medan, Ok Zulfi dalam sambutan tertulis Plt Wali Kota menyambut baik digelarnya Imlek Fair 2020. Sebab, sejak dulu Kota Medan sangat terbuka bagi siapa saja, tak peduli dari mana berasal, warna kulit, bahasa yang digunakan maupun cara mereka beribadah. Meski pun warganya beragam namun tetap hidup berdampingan dengan damai dan harmonis.

“Sebagai kota yang memiliki tingkat keberagaman yang tinggi, kita harus tetap saling mengasihi, berbagi dan mencintai. Pembukaan Imlek Fair yang kita laksanakan malam ini, juga sebagai salah satu bukti Kota Medan memang merupakan kota yang menjadi rumah bagi warganya yang berbilang kaum,” kata Ok Zulfi.

Selanjutnya OK Zulfi berharap, Imlek Fair yang merupakan salah satu agenda tahunan dan selalu dinantikan kehadirannya oleh masyarakat, khususnya etnis Tionghoa harus berlangsung variatif dan tidak monoton. Untuk itu para panitia diingatkan agar senantiasa melakukan inovasi, sehingga event ini menjadi sajian yang sangat menarik dan menghibur.

Di samping itu OK Zulfi juga menyambut positif Imlek Fair, sebab tahun ini diikuti sekitar 150 stand yang berasal dari berbagai bidang UMKM, termasuk kuliner khas Kota Medan.”Tentunya ini sangat positif dalam pengembangan aneka usaha berbasis UMKM di Kota Medan maupun wilayah sekitarnya,” ungkapnya.

Di penghujung sambutannya, OK Zulfi berharap agar Imlek Fair 2020 mampu memenuhi ekspetasi warga Kota Medan yang akan merayakan Tahun Baru Imlek. Dengan demikian Imlek tahun ini akan lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Semoga kedamaian dan kesejahteraan akan menjadi milik kita bersama,” pungkasnya.

 

Sementara itu Jhon Heri selaku Ketua Panitia Imlek Fair 2020 dalam laporannya menjelaskan, even ini merupakan yang kesembilan kalinya digelar sejak tahun 2011. Ada pun  tujuannya sebagai bentuk partisipasi sekaligus membantu para UMKM untuk memperkenalkan produknya. Kemudian selama 10 hari, mereka juga menggelar sejumlah perlombaan seperti  lomba menyanyi, busana tradisional China serta sempoa guna memberikan wadah kepada masyarakat, terutama generasi muda untuk menyalurkan bakatnya.

 

“Dengan kegiatan ini, kita ingin bergembira bersama dengan masyarakat, terutama warga Sari Rejo dalam menyambut datangnya Tahun Baru Imlek 2020 yang jatuh pada 25 Januari mendatang. Kami tidak mengambil untung dari kegiatannini, sebab Imlek Fair sebagai bentuk upaya kami membantu para pelaku UMKM. Di samping itu melalui Imlek Fair ini, Ki juga ingin menghibur warga dengan rangkaian hiburan yang kami sajikan selama sepuluh hari berlangsungnya Imlek Fair,” jelas Jhon Hery.

Pembukaan Imlek Fair 2020 berlangsung sangat meriah, selain ditandai dengan pemukulan gong oleh Kadis Kebudayaan, pembukaan juga dimeriahkan dengan atraksi barongsai. Di samping menikmati aneka kuliner, para pengunjung juga dihibur dengan pertunjukan musik dan tari-tarian tradisionil China yang tampil atraktif dan memikat. (Mahbubah Lubis)

 

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up