Info Adopsi Pengungsi Anak Palestina Terlantar di Belawan Ternyata Hoax

683

EDISIMEDAN.com, BELAWAN- Foto pengungsi anak Palestina terlantar di Belawan, Sumatera Utara menggemparkan dunia maya. Soalnya foto tersebut disertai teks imbauan kalau saat ini ada sekitar 220 bocah asal Palestina siap diadopsi karena tiba di Medan tanpa didampingi orangtuanya.

Foto kontroversial ini beredar di sejumlah media sosial sejak dua hari lalu. Tak heran beberapa organisasi kemanusiaan di Medan langsung bergerak untuk memberikan bantuan kepada ratusan anak Paestina itu.

“Awalnya kami mendapat informasi dari mitra kami bahwa ada anak Palestina terdampar di Belawan,” sebut Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggal (ACT) Sumatera Utara, Ronio Marantika kepada pers, Selasa (22/5/2018).

Namun dalam penelusuran isu tersebut , ACT tidak menemukan tanda-tanda keberadaan pengungsi asal Palestina.”Tidak benar, mitra-mitra kami sudah menelusuri lokasi dan menghubungi pihak terkait, dipastikan tidak ada anak Palestina di Belawan,” kata Ronio.

Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Medan sendiri mengaku pihaknya tidak pernah menerima pengungsi anak dari Palestina. Diduga kuat foto yang beredar merupakan pengungsi yang tiba di Medan beberapa waktu lalu.

“Itupun bukan mereka datang sendiri. Masing-masing anak didampingi orang tua,” ujar Kepala Seksi Kemanan dan Ketertiban Rudenim Medan, Andi Bryan.

Namun dia memastikan foto itu sengaja disebar orang tidak bertanggungjawab. Akibat beredarnya foto ini, Rudenim didatangi banyak orang untuk meminta izin adopsi.[fur/bay]

Apa Tanggapan Anda?