Ini Alasan KPU Tolak Dua Pasangan Independen di Pilkada Deliserdang

192
Pilkada Serentak 2018

EDISIMEDAN.com, DELISERDANG Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Deliserdang kemungkinan hanya akan diikuti satu pasangan calon saja. Pasalnya, dua dari tiga bapaslon dibatalkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Deliserdang karena tidak memenuhi persyaratan.

Keduanya adalah pasangan Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin. Keduanya adalah calon independen yang tidak memenuhi syarat dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah ditetapkan KPU.

BERITA SEBELUMNYA

Komisioner KPU Deliserdang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Bobby Indra Prayoga mengatakan saat verifikasi pertama, dukungan KTP kepada pasangan Mion Tarigan-Zainal Abidin dan Sofyan-Jamilah menyerahkan KTP di atas dukungan minimal, yakni 90 ribuan lebih. KPU menetapkan jumlah dukungan sebanyak 87 ribuan.

“Setelah diverifikasi administrasi dan faktual, untuk pasangan Sofyan yang memenuhi syarat hanya 1500-an. Untuk Mion yang memenuhi syarat hanya 30 ribuan. Jadi dikasih kesempatan untuk perbaikan, perbaikannya itu dua kali lipat dari 87 ribuan,” kata Bobby Indra Prayoga, Senin (22/1/2018).

Namun kata Bobbym setelah diverifikasi kembali, kedua paslon dinyatakan gagal memenuhi syarat dukungan KTP. Sebab setelah dilakukan penghitungan, pasangan Mion-Zainal menyerahkan dukungan KTP sebanyak 147.922 dukungan. Namun yang memenuhi syarat hanya 97 ribuan.

“Untuk Sofyan Nasution, dari 173.522, ternyata setelah dihitung sebanyak 110 ribuan yang sah. Jadi dengan jumlah segitu, sesuai hasil pleno, kedua pasangan tidak memenuhi syarat,” ungkap Bobby.

Meski dinyatakan gagal, kedua bapaslon masih punya kesempatan. Mereka harus melakukan gugatan kepada Panwaslih Deliserdang. Pasangan Sofyan- Jamilah dijadwalkan akan mendatangi Panwaslih pada Senin (22/1) hari ini.

“Kami sangat kecewa dan keberatan. KPU secara sepihak menyatakan formulir B1-KWK (formulir penyataan dukungan perseorangan) kami tidak cukup,” kata Sofyan Nasution. [ska]

Apa Tanggapan Anda?