Home / POLITIK / Ini Nama Tujuh Balon KDH di Sumut yang Diusung Nasdem

Ini Nama Tujuh Balon KDH di Sumut yang Diusung Nasdem


Tengku Erry Nuradi, Ketua Nasdem Sumut |Ilustrasi

MEDAN| Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) telah merampungkan penjaringan bakal calon (Balon) kepada daerah untuk 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara. Setelah melalui berbagai tahapan, maka nama-nama yang sudah ditetapkan akan dideklarasikan secara bertahap.

Informasi yang diterima edisimedan.com, beberapa nama yang akan diusung menjadi bakal calon KDH tersebut datang dari berbagai latar belakang. Mulai dari kader partai Nasdem sendiri sendiri maupun sejumlah incumbent. “Sementara ada tujuh nama yang sudah final. Tujuh nama itu sudah di acc dan di SK-kan oleh DPP,” kata sumber terpercaya di tubuh partai Nasdem.

Adapun ketujuh nama tersebut antara lain;
1. Tobasa: Darwin Siagian
2. Siantar: Teddy Robinson Siahaan
3. Nias Selatan: Idealisman Dachi
4. Sibolga: Syafri Hutauruk
5. Samosir: Raun Sitanggang
6. Gunung Sitoli: Martinus Lase
7. Humbahas : Marganti Manullang

“Kemungkinan besar ketujuh orang tersebut akan hadiri Deklarasi Balon KDH Nasdem di Grand Aston Medan Selasa besok, 24 Juni. Nama mereka sudah ada dalam list yang hadir,” pungkas sumber yang menolak namanya disebutkan.

Baca Juga:  Bawaslu Sumut Diminta Tidak Neko-neko

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi didampingi Sekretaris Iskandar ST mengemukakan, dari 23 kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada serentak di Sumut, ada tujuh daerah yang balon kepala daerahnya telah ditetapkan DPP Partai NasDem untuk diusung.

“Untuk nama-nama yang akan dideklarasikan, di Grand Aston, rekan-rekan akan segera mengetahuinya,” jawab Erry diplomatis kepada wartawan, Minggu (21/6/2015).

Erry yang juga Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) menyebutkan, total ada 130 nama yang mendaftar ke Partai NasDem untuk diusung menjadi balon kepala daerah di 23 daerah yang akan menggelar pilkada serentak di Sumut.

Sebelum DPP Partai NasDem memilih dan menetapkan nama-nama balon kepala daerah, ke-130 nama tersebut telah menjalani proses penjaringan, penyaringan, dan survei elektabilitas melibatkan lembaga survei independen.

Baca Juga:  Di Pasar Klumpang, Edi Orasi Ajak Pedagang Coblos Nomor Dua

Bahkan dalam sejarah pilkada di Sumut, Partai NasDem menurut Erry telah membuat terobosan yang belum pernah dilakukan partai-partai politik lain, yakni menyerahkan seluruh berkas nama-nama balon kepala daerah yang mendaftar ke Partai NasDem ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) untuk dilakukan verifikasi secara hukum.

“Jadi berkas ke-130 nama balon kepala daerah itu kita serahkan ke Kejatisu untuk diverifikasi. Jika ada yang terindikasi atau terlibat kasus hukum, tidak hanya kasus korupsi, tapi juga pidana lainnya, maka NasDem tidak merekomendasikannya,” tegas Erry.

Partai NasDem juga mengharamkan “mahar” dari para balon kepala daerah karena Partai NasDem tidak mau para balon kepala daerah itu setelah nantinya terpilih melakukan korupsi untuk mengembalikan “mahar” yang pernah diberikannya ke partai.

“Inilah upaya-upaya yang dilakukan Partai NasDem untuk melahirkan sosok pemimpin kepala daerah yang bersih melalui pilkada,” tambah Sekretaris Sekretaris DPW Partai NasDem Sumut Iskandar ST.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Awali Tahapan Pilkada Serentak, Ini Jadwal Lengkapnya

Iskandar menyebutkan deklarasi yang akan digelar Partai NasDem Sumut di Hotel Grand Aston tujuannya adalah untuk memperkenalkan sekaligus menyosialisasikan nama-nama balon kepala daerah yang diusung Partai NasDem di pilkada, kepada masyarakat.

Momen acara deklarasi yang akan dirangkai dengan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim dan piatu ini juga akan dimanfaatkan untuk meningkatkan silaturahmi dan konsolidasi internal Partai NasDem dalam menghadapi pilkada serentak di Sumut.

“Selain para balon kepala daerah, di acara deklarasi nanti juga akan hadir dari DPP Partai NasDem, DPW Partai NasDem Sumut, DPD Partai NasDem se-Sumut, dan para Anggota DPRD Sumut dan DPRD kabupaten/kota se-Sumut dari Partai NasDem,” pungkas Iskandar. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up