Home / SUMUT / Ini  Strategi Besar BI Dukung  Gernas BBI

Ini  Strategi Besar BI Dukung  Gernas BBI


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Guna mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) periode tahun 2021 yang dilaksanakan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan tema Beli Kreatif Danau Toba (BKDT).

Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (BI Sumut) senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) selaku Movement Manager, serta K/L terkait dan berpartisipasi secara aktif dalam rangkaian Gernas BBI BKDT 2021 tersebut.
BI Sumut bersama dengan Bank Indonesia Pematangsiantar dan Bank Indonesia Sibolga telah mempersiapkan 2 strategi besar untuk mendukung kegiatan tersebut, melalui pengembangan UMKM dan ekonomi syariah, serta perluasan digitalisasi sistem pembayaran melalui QR Code indonesian Standard (QR’S) di 8 Kabupaten kawasan Danau Toba, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Soekowardojo dalam siaran persnya yang diterima awak media ini, Minggu (21/02/2021).
Dukungan ini masih dikatakannya, dilakukan baik pada saat pre launching, grand launching, maupun post launching.
“Partisipasi BI Sumut pada saat pre launching telah dilakukan sejak 01 – 19 Februari 2021, di antaranya melalui fasilitiasi 35 UMKM binaan untuk mengikuti proses kurasi produk oleh Tim Kurator IdEA yang selanjutkan diikutsertakan dalam rangkaian kegiatan GBBI BKDT 2021, “ungkapnya seraya menambahkan yang kedua partisipasi pada BKDT Fair di Mall Sumarecon, Serpong pada 11 – 21 Februari 2021 dan yang ketiga penyelenggaraan berbagai kegiatan pelatihan digital marketing dan pendampingan UMKM bekerjasama dengan marketplace dan keempatnya melaksanakan roadshow “UMKM Siap Digital” bersama Top Brand Gernas BBI BKDT 2021 yaitu DANA pada 15 – 18 Februari 2021 kemarin.
Acara Grand Launching diresmikan secara virtual oleh Presiden RI, Ir H Joko Widodo, dan diselenggarakan secara Hybrid dari 2 lokasi yaitu Sitahisabungan, Kabupaten Dairi dan Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumut pada 20 Februari 2021.
[21/2 22.49] Boedy Lubis: Dalam sesi penyampaian tanggapan terhadap pelaksanaan Gernas BBI BKDT 2021, Gubernur BI juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas suksesnya kegiatan ini, serta menyatakan kesiapan 46 Kantor Perwakilan BI di dalam negeri dan 5 kantor Perwakilan Bl di luar negeri untuk turut berpartisipasi mendukung penuh kesuksesan Gernas BBI 2021
[21/2 22.50] Boedy Lubis: Dalam kesempatan ini Gubernur Bank Indonesia, Menko Marves, Menteri Keuangan dan Menteri Kominfo juga mencoba melakukan belanja online jarak jauh dengan menggunakan QRIS melalui dompet elektronik dari gawai masing-masing.
Dua UMKM binaan Bank Indonesia IR & IR Songket Deli dan Dame Ulos berkesempatan untuk berdialog dan menawarkan produknya, secara langsung kepada Gubernur Bank Indonesia dan Menko, Marves.
“Dukungan lain yang diberikan BI Sumut adalah melalui sinergi dengan Pemkab, dari menampilkan fashion show kain etnik khas daerah Sumut dengan melibatkan UMKM binaan dan fashion designer nasional, yaitu Wignyo Rahardi dan Merdi Sihombing, “pungkasnya.
Selanjutnya masih dijelaskannya, kegiatan post launching akan berlangsung hingga akhir Maret 2021, dengan beberapa kegiatan yaitu penyelenggaraan program inkubasi desain dan produksi fesyen oleh Wignyo Rahadi pada 22 Februari – 11 Maret 2021.
[21/2 22.50] Boedy Lubis: Lalu, Chanellingserta Business Matching UMKM dengan marketplace dimulai pada 28 Januari hingga 28 Februari 2021. Penyelenggaraan showcasing produk UMKM di Bandara Kualanmu dan Silangit dari bulan Februari hingga Desember 2021 mendatang.
Sedangkan untuk pelaksanaan program edukasi QRIS melalui penayangan video experience penggunaan QRIS dan atraksi barista “Ngopi Enak Satu Rupiah” yang diselenggarakan di Bandara Kualanamu, setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Februari hingga Maret 2021 nanti.
“Dengan terselenggaranya seluruh kegiatan ini diharapkan dapat mendukung UMKM untuk naik kelas dan semakin mantap untuk Go Digital, serta guna mendukung perluasan implementasi QRIS untuk transaksi digital UMKM dan komunitas wisata di Sumatera Utara. Kontribusi Bank Indonesia dalam Gernas BBI BKDT 2021 juga merupakan wujud nyata Bank Indonesia wilayah Sumatera Utara dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional, “tutup Soekowardojo. (red)
Baca Juga:  Dihantam Isu Rusak Ekosistem Danau Toba, Ini Kata Dirut TPL
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up