Home / NEWS / Inilah 6 Menteri Korban Reshuffle Pertama Jokowi-JK

Inilah 6 Menteri Korban Reshuffle Pertama Jokowi-JK


JAKARTA| Setelah gonjang-ganjing hampir empat bulan lamanya, akhirnya Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle atau perombakan kabinet pertamanya di Istana Negara. Ada enam anggota baru dalam Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK itu.

Dalam keputusan yang dibacakan di Istana Negara, Rabu (12/8/2015), Presiden Jokowi memberhentikan 5 menteri. Mereka adalah Menteri Koordinator Perekomian Sofyan Djalil, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdjiatno, ‚ÄéMenteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinov Chaniago, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel.

Presiden juga memberhentikan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

Presiden Jokowi lalu mengangkat Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Polhukam, Rizal Ramli sebagai Menko Kemaritiman, Sofyan Djalil sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan.

Presiden juga mengangkat Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.

Baca Juga:  Indahnya Objek Wisata Alam Baru Di Desa Gunung Berkat Kabupaten Asahan

Jokowi pun akan langsung melantik menteri negara kabinet kerja sisa masa jabatan periode 2014-2019 di Istana.

Menteri dan sekretaris kabinet baru itu telah berada di Istana Negara sejak nama mereka mulai santer disebut. Mereka mengenakan setelan jas warna hitam dan dasi merah.

Pelantikan antara lain dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, dan anggota Kabinet Kerja lainnya. [rez]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up