Home / BISNIS / JNE Dukung Koperasi UMKM dan Seminar Digital Marketing di Sumut

JNE Dukung Koperasi UMKM dan Seminar Digital Marketing di Sumut


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi covid-19 yang masih mewabah seperti sekarang ini, merupakan salah satu faktor penting sebagai penggerak ekonomi Indonesia.

Namun dengan kondisi saat ini, para pemilik UMKM masih harus terus berjuang agar dapat bertahan demi melangsungkan dan meningkatkan produk-produk bisnis penjualan mereka. Dengan perubahan perilaku berbelanja dari offline ke online, UMKM dituntut untuk dapat beradaptasi dan berinovasi secara digital.

Hal termudah yang dapat di terapkan para pelaku UMKM adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana berjualan produk-produk mereka.

Menyikapi hal ini, JNE yang sangat peduli kepada UMKM memberi dukungan kepada pihak-pihak pelaksana program-program yang mendukung kemajuan UMKM khususnya di Sumatera Utara. Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh JNE Medan dalam mensupport kegiatan yang diselenggarakan oleh Koperasi UMKM Syariah Sumut pada Senin (15/3) lalu.

Acara ini dihadiri oleh pengurus Koperasi UMKM Syariah Sumut, JNE Medan, Dinas Koperasi dan UMKM Sumut, dan peserta seminar sebanyak 35 orang. Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Koperasi, Kurnia Sitorus dan Dinas Koperasi dan UKM Sumut diwakili oleh Kabid. UMKM, Unggul Sitanggang, M.Si.

Dalam sambutannya, Kurnia Sitorus menyampaikan bahwa Koperasi UMKM Syariah Sumut merupakan koperasi yang berbasis syariah dimana anggotanya adalah pelaku UMKM. Sejalan dengan beroperasinya koperasi ini, kami sebagai pengurus menghimpun kendala-kendala yang dialami oleh pelaku UMKM diantaranya pemasaran produk, teknik packaging, permodalan, dan lainnya. Dan program ini merupakan salah satu upaya kami untuk mengatasi kendala tersebut.

Baca Juga:  Gubernur Aceh Resmikan Tambang Batubara PT Mifa Bersaudara

Maka dalam kesempatan ini, kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung, JNE sebagai fasilitator, Dinas Koperasi dan UKM yang mendukung pengembangan program ini, dan pihak lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Acara ini berlangsung selama 4 jam di Gedung Plut KUMKM Sumut. Dihadiri oleh peserta seminar yang berasal dari UMKM Kota Medan dan sekitarnya. Menanggapi kegiatan positif ini, Unggul Sitanggang selaku Kabid UMKM menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Koperasi UMKM Syariah Sumut dan sponsor atas berlangsungnya acara ini, dan beliau berharap, program seminar seperti ini semoga berkelanjutan.

“Kami berharap, seminar ini dapat berkelanjutan, hari ini tentang penjualan produk, minggu depan tentang packaging, pembukuan keuangan, dan seterusnya. Dan pastinya kami siap membantu dan mendukung penuh acara-acara seperti ini karena program-program seperti ini juga sejalan dengan program Dinas Koperasi dan UMKM untuk menginisiasi UMKM bangkit dan naik kelas”, ujarnya.

Acara yang bertajuk Strategi Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Syariah Melalui Media Sosial ini turut menghadirkan narasumber yang dihadirkan oleh JNE Medan, yaitu Evan Budi Iswandi Siregar atau yang lebih dikenal dengan sebutan Om Evan. Beliau adalah trainer sekaligus praktisi digital marketing.

Baca Juga:  Klinik Beautify Hadir Memberikan Solusi Perawatan Kecantikan Menyeluruh

Dalam materinya beliau memaparkan mengenai optimalisasi pasar digital. Dimana sekarang zamannya mau tidak mau, pelaku UMKM tidak boleh hanya offline, namun juga harus berjualan online karena dengan online, para UMKM akan mendapatkan pasar yang lebih luas, pengenalan produk kepada masyarakat (calon pembeli) akan lebih baik, produk maupun personal branding pemilik UMKM tersebut juga akan lebih cepat terbentuk.

Om Evan mengaku sangat senang mengisi acara seminar ini dan berterimakasih kepada panitia dan pihak yang telah membantu hingga acara ini dapat berjalan lancar dengan materi yang pas dan memang sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM.

“para UMKM sekarang produknya sudah sangat bagus, namun kebanyakan dari mereka bingung bagaimana memasarkannya dan kepada siapa memasarkan produknya, ungkapnya. Tercatat ada belasan pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Melihat antusiasme ini, JNE Medan selaku salah satu fasilitator dalam acara ini, berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan positif seperti ini.

Fikri Alhaq Fachryana selaku Kepala Cabang JNE Medan saat ditemui di kediamannya menyampaikan bahwa dukungan JNE terhadap program ini merupakan bagian dari CSR JNE Medan.

“Situasi pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan baru bagi dunia usaha, khususnya bagi para pelaku UMKM. Terlebih setelah pandemi Covid 19 memaksa masyarakat untuk go digital. 3 supporting system Ekonomi Digital adalah Logistik, Financial Tech, dan Media Market. JNE adalah perusahaan Logistik terbesar di Indonesia, tentu memiliki komitmen dan kewajiban untuk membangun Ekonomi Digital. Semoga lewat seminar ini dapat memberikan edukasi dan pemantapan ilmu bagi para UMKM sehingga mereka memiliki tempat berjualan di berbagai media, yang disebut OMNI Channel, dimana UMKM dapat berjualan di berbagai media sosial agar mudah dikenal,” katanya.

Baca Juga:  IM3 Ooredoo Luncurkan Roam Unlimited Haji Terbaru

Sesuai dengan tagline JNE, “Connecting Happiness” menyambungkan kebahagiaan, kepedulian JNE terhadap para pelaku UMKM memicu JNE untuk dapat terus berkontribusi lebih baik lagi dalam mendorong kemajuan ekonomi digital.

JNE telah lebih dari 3 tahun menginisiasi Go Digital Marketing. Diketahui tak hanya webinar online ini, JNE juga memiliki program edukatif lainnya seperti pelatihan design grafis yang lulusannya diminta untuk berkontribusi membantu para pelaku UMKM, program pendampingan dan tarif khusus pengiriman bagi pelaku UMKM yang Go Online, serta pengadaan community development yang tersebar dibeberapa titik di Sumatera Utara yaitu ruangan gratis yang dapat digunakan oleh pelaku UMKM yang ingin mengadakan diskusi dan pelatihan bagi kelompoknya.(red)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up