Home / SIMALUNGUN / JR Saragih Bantu Anak Siantar Ini Kuliah di ITB Sampai Selesai

JR Saragih Bantu Anak Siantar Ini Kuliah di ITB Sampai Selesai


BANTUAN PENDIDIKAN. Gomos Parulian Manalu diapit kedua orangtuanya, Jesman Manalu dan Juli Rosdiana Hutabarat merasa bersyukur setelah mendapat kabar biaya kuliahnya di ITB Bandung dibantu Bupati Simalungun JR saragih

EDISIMEDAN.com, SIANTAR – Gomos Parulian Manalu, tak perlu risau lagi memikirkan biaya kuliah di Universitas Teknologi Bandung (ITB). Pasalnya, biaya pendidikan siswa yang lulus dari jalur undangan ini sepenuhnya dibantu Bupati Simalungun, JR Saragih.

Sebelumnya Gamos merasa bingung, sebab untuk kuliah di ITB terkendala dengan persoalan biaya apalagi kedua orangtuanya hanyalah bekerja sebagai pemulung dan penjual roti.

“Keinginan aku masuk ke ITB Bandung selain ingin meningkatkan derajat orangtua sekaligus bisa menjadi contoh buat adik-adik aku dan anak-anak muda kalau pengetahuan itu penting buat masa depan,” Kata Gamos di kediamannya di Jalan Cemara No 34, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, Pematang Siantar, Sumatera Utara, Sabtu (6/5/2017).

Gomos sebenatnya salah satu dari tiga siswa SMA Unggulan Sel Nago Boti, Balige berangkat ke NASA di Amerika Serikat.

Baca Juga:  Gubernur Edy Rahmayadi Dorong Simalungun Jadi Lumbung Logistik Sumut

“Karena gagal menembus University of Barkeley di Amerika, akhirnya sekolah memberikan saya pilihan untuk kuliah di ITB melalui jalur undangan mendapatkan beasiswa,” bebernya lagi.

Ternyata, apa yang diinginkannya terwujud. Di mana, saat melakukan pendaftaran ulang sekaligus verifikasi beasiswa 16 April lalu, Gomos dinyatakan memenuhi persyaratan untuk kuliah di ITB pada Agustus mendatang.

BACA JUGA
Jangan Tulari Kampus dengan Paham LGBT, Kata Rektor Andalas

Sementara orangtua Gomos, Jesman Manalu dan Juli Rosdiana Hutabarat mengaku sempat merasa putus asa akibat tak mampu membiayai Gomos kuliah di ITB.

“Terima kasih kepada pak JR Saragih atas bantuannya sehingga Gomos anak kami bisa meraih cita-cita yang diinginkannya. Selain itu Pak JR Saragih teruslah membantu mereka yang tidak mampu, sehingga anak-anak muda bisa membanggakan Sumatera Utara,” tukasnya.

Baca Juga:  Inalum Gandeng FISIP USU Rumuskan Program CSR Tepat Sasaran

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Simalungun Mixnon Andreas Simamora, menilai, kuliah di ITB merupakan kesempatan langka sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

“Selain ada anak-anak muda di Siantar dan Simalungun yang masuk IPB Bogor, sekarang ada juga yang masuk ITB Bandung. Karena ini prestasi luar biasa, pendidikan Gamos akan dibiayai dari dana pribadi Bapak JR Saragih,” ujar Mixnon Andreas Simamora.

Dirinya juga menuturkan agar bantuan dari JR Saragih bisa dimanfaatkan Gomos untuk lebih terpacu dalam menimba ilmu pengetahuan sehingga bisa membanggakan Sumatera Utara khususnya Simalungun. [ftr]

Terkait


Berita Terbaru