Home / / JR Saragih Bantu Biaya Kuliah 10 Anak Korban Erupsi Gunung Sinabung

JR Saragih Bantu Biaya Kuliah 10 Anak Korban Erupsi Gunung Sinabung


Ketua Demokrat Sumut JR Saragih merayakan hari jadi ke 48, bersama para korban erupsi Gunung Sinabung di pusat penampungan pengungsi Kecamatan Kaban Jahe, Kabupaten Karo Kamis (10/11/2016).

EDISIMEDAN.com, KARO – Peringatan Hari Pahlawan merupakan momen spesial Bupati Simalungun JR Saragih. Pasalnya, Ketua Demokrat Sumut itu juga merayakan hari jadi ke-48.

Dengan sukacitanya, dia merayakan bersama para korban erupsi Gunung Sinabung di pusat penampungan pengungsi Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Kamis (10/11/2016).

Didampingi Bupati Karo dan Pendeta Gereja Batak Karo Protestan (GBKP), JR Saragih mengatakan, bahwa kedatangannya ke posko pengungsian ini merupakan bagian dari program kerja untuk melihat dan meringankan beban bagi orang-orang yang kurang mampu baik di panti asuhan, maupun saudara-saudara yang ada di posko ini.

“Ini adalah bagian dari pelayanan saya sebagai seorang pemimpin daerah terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Selain itu dengan memberikan pelayanan langsung seperti ini membuat saya dekat dengan masyarakat yang membutuhkan. Agar dapat meringankan beban mereka,” ungkap JR Saragih, Bupati Simalungun.

Baca Juga:  Black Campaign Serang JR Saragih

Dalam kesempatan itu, JR Saragih pun menegaskan agar orang tua harus tetap memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Agar kelak mereka menjadi kebanggaan warga Tanah Karo. Pemberian bantuan logistik maupun donasi materi bukan tidak penting. Tapi yang terpenting adalah keberlangsungan pendidikan mereka.

BACA JUGA
JR Saragih Instruksikan Demokrat Karo Fokus Bantu Pengungsi Sinabung

“Agar mereka dapat mengangkat nama baik dan derajat kabupaten Karo yang menjadi tanah kelahirannya. Sekaligus menjadi kebanggaan daerah ini. Untuk itu, secara pribadi Saya siap menjadi bapak angkat mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya hingga ke perguruan tinggi,” terang JR Saragih.

Di hadapan para pengungsi, Bupati Karo, Anggota DPRD, pimpinan posko pengungsi dan masyarakat yang hadir, JR Saragih menjanjikan akan membiayai sebanyak 10 anak untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Efarina, maupun perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia.

Baca Juga:  JR Saragih Ancam Tutup Perusahaan Perusak Lingkungan di Simalungun

Selain memberikan beasiswa pendidikan, semangat baru JR Saragih untuk melayani masyarakat pun Ia memberikan berbagai macam kebutuhan dasar pokok (logistik) dan uang tunai sebesar Rp 30 juta untuk operasional dan atau kebutuhan para keluarga di Posko.

Sementara Pendeta GBKP Dormanis Pandiya, sekaligus Ketua Posko Pengungsi Simpang Enam Kabanjahe, Kabupaten Karo mengatakan, saat ini jumlah pengungsi korban erupsi yang berada di posko ini sebanyak 428 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 1.530 jiwa.

“Mereka selama ini sudah di posko pengungsian selama dua tahun. Kami bersama relawan lain selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik dan mendistribusikan berbagai bantuan baik dari pemerintah daerah, pusat dan lainnya,” terang Dormanis Pandiya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Karo, Terkelin Brahmana mengaku sangat mengapresiasi bantuan dan donasi yang datangnya dari pemkab Simalungun maupun donasi pribadi yang datangnya dari JR Saragih.

Baca Juga:  JR Saragih Tingkatkan Jalan di Hutabayu Raya Jadi Berkualitas Terbaik

Pemerintah Kabupaten Karo saat ini telah mempersiapkan lahan untuk pembangunan fisik berupa gedung yang nyaman dan diperuntukan bagi pengungsi korban erupsi gunung Sinabung di Tanah karo. Upaya ini dilakukan agar para pengungsi mempunyai tempat yang nyaman.

“Surat permohonan telah disampaikan ke Kemenpera dan telah disetujui. Tinggal nunggu bahan bangunan tiba untuk pembangunan gedungnya,” ucap Bupati Simalungun ke para masyarakatnya yang ada di posko penhungsian. [ftr]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up