Home / NEWS / Jurnalis Harus Pahami 3V Communication 

Jurnalis Harus Pahami 3V Communication 


Edisimedan.com, Medan-Menjadi seorang Jurnalis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain memahami isu atau materi liputan, hal penting lainnya yang harus dimiliki seorang jurnalis adalah kemampuan berbicara dan menjaga penampilan agar narasumber bisa lebih nyaman saat diwawancarai.

Itu disampaikan oleh Choky Sitohang CEO dari CHOSSI (Choky Sitohang Speaking Incorporation) dalam acara pelatihan Wartawan Ekonomi dan Bisnis yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara di Sibolangit, Rabu (4/11/2020). Choky mengungkapkan bahwa belajar public speaking tidak mengenal usia karena hal tersebut adalah soft skill yang bisa terus digali.
“Hal yang harus dikuasai ada tiga, atau disebut 3V Communication. Ada Verbal atau diksi, materi atau what we say. Selanjutnya, voice atau kemampuan berbicara dan visual atau penampilan” katanya.
Lanjut Choky, jika dipersentasikan seberapa penting tiga hal tersebut, maka untuk kemampuan verbal dibutuhkan 7 persen saja, kemudian voice 38 persen dan paling penting adalah visual sebanyak 55 persen.
“Kenapa penampilan, karena jaga mood narasumber itu sangat penting. Body language itu apalagi untuk jurnalis sangat dibutuhkan. Bukan untuk genit yah menjaga penampilan, tapi juga to represent who you are,” jelas pria yang juga pernah menjadi jurnalis ini.
Di samping itu, jika ingin sukses saat public speaking dan presentasi dibutuhkan fokus dan juga penguasaan isu dan kemampuan menjelaskannya. Hal ini dibutuhkan agar membuat percaya diri tumbuh. (bd)

 

Baca Juga:  Sekretaris IPK Binjai Firman Ginting : IPK Binjai Siap Untuk Di Lantik Februari 2020
Terkait


Berita Terbaru