Home / MEDAN TODAY / Kabut Asap Medan Selimuti Kota Medan

Kabut Asap Medan Selimuti Kota Medan


Kabut Asap di Medan

MEDAN| Dalam dua hari terakhir, sejumlah wilayah di Sumatera Utara mulai diselimuti kabut asap akibat meningkatnya jumlah titik panas kebakaran hutan.

Berdasarkan pantauan, Rabu (2/9/2015), kabut asap terlihat mulai menyelimuti langit Kota Medan. Kondisi ini semakin diperburuk dengan meningkatnya jumlah titik panas yang turut membakar hutan di sejumlah daerah di wilayah Sumatera Utara.

Selain itu, meski sudah mulai memasuki musim penghujan, namun kabut asap tipis terlihat jelas menyelimuti seluruh kawasan di Kota Medan. Kabut semakin jelas terlihat jika berada dalam ketinggian.

Menurut Aslan, warga Jalan Karya Jaya, Kecamatan Medan Johor, kabut asap sudah beberapa hari menyelimuti Kota Medan. “Namun, kabut itu tidak sampai mempengaruhi jarak pandang pengendara kendaraan. Begitupun, pengendara harus hati-hati,” katanya.

Selain di Medan, kabut asap juga dirasakan di Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang sehingga masyarakat mengurangi aktivitasnya. “Kabut ini membuat cuaca semakin bertambah gerah. Bahkan, anak saya mengalami batuk-batuk,” ujar seorang warga Setia Budi, Nova (35).

Baca Juga:  KDH Sumut Ramai-ramai Belajar e-Government kepada Walikota Surabaya

Sebelumnya, staf Pelayanan Jasa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Sumut, Kristin Matondang membenarkan, kabut asap itu kiriman dari Jambi dan Sumatera Selatan. “Ada 159 titik panas di Pulau Sumatera, dan yang paling banyak berasa di Jambi. Sementara itu, 71 titik api berada di Sumatera Selatan, Riau 5 titik panas,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah sebaiknya menggunakan masker. Sebab, kabut asap itu bisa berdampak pada kesehatan. [rez]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up