Home / SUMUT / Kanwil Kemenag Sumut Diduga Kuat Sarang Pungli, Lantik Pejabat Tanpa Mekanisme

Kanwil Kemenag Sumut Diduga Kuat Sarang Pungli, Lantik Pejabat Tanpa Mekanisme


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementria  Agama (Kemenag) Sumatera Utara (Sumut), Iwan Zulhami berkoar koar berbicara soal kerukunan. Tapi jajaran lembaga yang di pimpinnya terkesan kurang harmonis.

“Saat ini lembaga Kemenag Sumut terkesan kurang harmonis. Bahkan terjadi kubu kubuan,” Ujar Ditektur Ekskutip LSM  Ali Harahap. SH kepada pers di asrama Haji Medan, Sabtu (4/1).
Menurut Ali Harahap terjadi kubu-kubuan ini akibat pengangkatan pejabat tidak melalui mekanisme dan tanpa baperjakat.
Ali Harahap juga menegaskan para pejabat di lingkungann Kanwil Kemenag Sumut sudah mengeluh karena banyaknya program yang di laksanakan Kanwil  Kementerian Agama Sumut yang tidak ada dalam anggaran Daftar Isian Pelaksana Anggaran ( DIPA) sehingga dana pelaksanaan program para pejabat harus gotong royong menyiapkan dananya.
Dikatakannya seperti Peringatan Hari Amal Bhakti yang dilaksanakan di asrama haji dengan berbagai kegiatan tentunya membutuhkan biaya banyak. Demikian juga pelaksanaan festival Gordang Sambilan antar Madrasah Aliyah ( MA) yang di laksanakan 27 November lalu 4di MAN 1  Panyabungan. Kabupaten Mandailing Natal.
Para pejabat yang berada di wilayah Tabagsel meliputi lima Kabupaten/ kota di tambah Tapteng dan Sibolga  terpaksa berjibaku menyiapkan  dana Festival Gordang Sambilan yang  berbiaya ratusan juta rupiah . sejumlah pejabat di jajaran kemenag sumut sudah banyak yang mengeluh banyaknya kegiatan yang harus di tanggulangi.
Untuk Fesival Gordang ketujuh pejabat  kemenag harus menyediakan dana  Termasuk pimpinan madrasah  juga di sinyalir  kena getahnya juga stor. Apalagi di madrasah ada dana bos.
Beberapa bulan lalu juga di adakan KSM yang juga di duga melakukan kutipan, karena adanya pengaduan ke Kejatisu. Untuk menutupi permainan  kejatisu terpaksa memeriksa sejumlah pejabat dan kepala madrasah tapi tidak ada ujung pemeriksaan itu.
Menurut Ali Harahap para pejabat sudah lama mengeluh sial kutip mengutip di jajaran Kemenag. Tapi aparat hukum terkesan membiarkannya.
“Untuk menjaga marwah Kantor Kemenag Sumut  Menteri Agama RI harus berani membersihkan bawahannya yg diduga melakukan pungli dan korupsi dan  diminta kepada Kapoldasu agar mengusut dugaan pungli di Kantor Kanwil Kemenag Sumut itu,” tandasnya. (Ma)

 

Baca Juga:  Kepergok Bawa Sabu, Pria Bertato dan Berwajah Sangar Ini Diringkus Polisi
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up