Home / NEWS / Kapolri: Penjualan Organ Anak Itu Berita Hoax!

Kapolri: Penjualan Organ Anak Itu Berita Hoax!


Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan isu penculikan anak dengan mengincar organ tubuhnya untuk adalah kabar bohong atau hoax. [foto dan ilustrasi]

EDISIMEDAN.com, JAKARTA – Isu penculikan anak dengan mengincar organ tubuhnya untuk dijual dibantah Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Dia menegaskan pihaknya melakukan kroscek ke sejumlah wilayah dan dipastikan itu adalah kabar bohong atau hoax.

Tito menduga ada pihak tertentu yang sengaja memainkan isu soal penculikan anak untuk dijual organ tubuhnya. Isu ini sengaja dihembuskan untuk memprovokasi dan membuat keresahan publik.

“Jadi mungkin ada pihak ketiga yang sengaja untuk menaikkan isu-isu memprovokasi isu negatif untuk menimbulkan kekerasan. Apalagi ada masa Pilkada dan lain-lain,” ujar Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).

Tito mengimbau kepada semua lapisan masyarakat agar tidak perlu khawatir. Kemudian, orang tua disarankan untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Dia minta agar masyarakat bijak dan tetap waspada dalam menerima informasi. Apalagi saat ini gencar informasi menyesatkan alias hoax.

Baca Juga:  M.Jimmy Darmawan Sembiring Pimpin KNPI Binjai 2019-2022

“Sambil kita meningkatkan kewaspadaan, jangan terlalu percaya pada berita hoax. Meskipun penting meningkatkan pengamanan keluarga, anak, tapi jangan over reaktif panik, klarifikasi dengan kepolisian,” katanya.

Sebelumnya sempat beredar isu aksi penculikan anak yang disertai tindak kejahatan dengan mengambil organ tubuh untuk dijual. Isu ini menjadi ramai dan viral di media sosial. Dalam informasi itu, penculik menjual organ anak mencapai Rp5 miliar setelah dihitung secara terperinci setiap potongan tubuh yang dijual. [ded]  

Terkait


Berita Terbaru