Home / SUMUT / Kecamatan Tiga Panah Karo Hujan Es

Kecamatan Tiga Panah Karo Hujan Es


EDISIMEDAN.COM, KARO- Hujan es terjadi di Kecamatan  Tigapanah Kabupaten Karo pada Kamis (20/8/2020)sekitar pukul  17.24 wib dikatakan berlangsung hingga 30 menit.

“kita belum ada terima informasi kerusakan rumah warga,  kita masih koordinasi dengam Camat Tigapanah,” ungkap Kepala Penanggulangan Bencana Daerah Karo, Natanail Peranginangin.

Dijelaskannya hujan es terjadi disebabkan karna penguapan airnya di atas titik beku/bongkahannya terlalu besar, sehingga  sampai di permukaan tanah, masih berbentuk bongkahan (belum mencair sepenuhnya saat d udara).


“Kalau abu vulkanik dan erupsi, murni karena aktivitas dari bawah permukaan bumi, jadi itu dikarenakan penguapan airnya tinggi,” paparnya.

Lanjutnya, di Karo sendiri, Hujan es sudah pernah terjadi yakni beberapa tahun lalu sekitar tahun 2017


“Kita terus menunggu laporan kerusakan dan kalau sampai saat ini belum ada kita terima, kita masih koordinasi dengan  camat Tigapanah Kalau kepanikan warga tidak ada, karena kejadian ini bukan yang pertama kali,” ucapnya.
Ia menghimbau agar warga tetap tenang dan waspada, hindari lokasi lokasi rawan longsor dan daerah daerah rawan pohon tumbang. (bd)

Baca Juga:  AKLI Sumut Siaga Membantu PLN selama Ramadhan 1440 H
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up