Home / MEDAN TODAY / Kelabui Petugas, 6 Pengungsi Asal Srilangka dan Nepal Kabur dari Rudenim Belawan

Kelabui Petugas, 6 Pengungsi Asal Srilangka dan Nepal Kabur dari Rudenim Belawan


PENGUNGSI. Suasana di Rudenim Medan di Belawan. [edisimedan/istimewa]

EDISIMEDAN.com, BELAWAN- Sebanyak 6 orang pengungsi berhasil melarikan diri dari Rumah Rudenim Imigrasi Medan yang terletak di Jalan Selebes Gang Pekong Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan, baru baru ini.

Mereka melarikan diri setelah mengelabui petugas dengan cara berpura-pura akan melaksanakan ibadah di luar kantor Rudenim .

“Keenam pengungsi yang melarikan diri tersebut berasal dari Srilangka dan Nepal. Mereka kabur karena awalnya permisi untuk menjalankan ibadah di luar kantor Rudenim,” sebut Kepala Kantor Rudenim Medan di Belawan, Viktor Manurung, Selasa (23/2/2018)

Viktor menerangkan kemungkinan para pengungsi itu sudah lama merencanakan pelariannya dan ada pihak lain yang mengkordinir pelarian itu.

“Sebelumnya bila usai melaksanakan ibadah mereka, langsung kembali dan kami mempercayainya dan tanpa dikawal petugas,”sebutnya.

Viktor juga mengaku Kantor Rumah Detensi Imigrasi Medan yang ada di Belawan ini sebenarnya sudah over kapasitas. Menurutnya, Rudenim ini hanya muat menampung pengungsi sebanyak 120 orang saja. “Tetapi berhubung pengungsi yang datang terus menerus maka terpaksa kami tampung juga yang sudah mencapai 245 orangm,” sebutnya

Baca Juga:  Polisi Lalai, Tahanan Polres Labuhanbatu Kabur dari RSUD Rantauprapat

Akibatnya, pihak Rudenim terpaksa mendirikan tenda di setiap lorong untuk menampung para pengungsi yang tidak kebagian kamar.

“Harapan kami kepada Pemerintah agar membuatkan Rumah Detensi yang besar agar bisa menampung para pengungsi,” harap Viktor.

Saat ini para pengungsi yang ada di Rumah Detensi Imigrasi Medan yang ada di Belawan asal negara Myanmar, Somalia, Srilangka, Afganistan, Iraq. Kemudian ada juga yang berasal Kamboja, Banglades.[ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up