Kemenpar dan Adira Finance Gelar Festival Pesona Lokal

30
Regional Sales Manager Durable Adira Finance, Dedy Kurniawan (kanan); Kepala Wilayah Area Sumatera Bagian Utara, Agus Hartanto (tengah); Account Manager Area Sumatera Bagian Utara Adira Insurance, Djadi Djoentak (kiri) memberikan penjelasan pada press conference Festival Pesona Lokal, di Hotel Polonia Medan, Jumat (21/9/2018). [edisiMedan.com/istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Kementerian Pariwisata dan Adira Finance akan menggelar Festival Pesona Lokal di Lapangan Merdeka, Medan pada 21 Oktober 2018. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan budaya dan kearifan lokal.

Dalam acara tersebut akan ditampilkan lomba karnaval budaya, lomba kreasi masakan daerah, lomba mural “pesona kotaku”, lomba UMKM terbaik, dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Kepala Wilayah Area Adira Finance Sumatera bagian utara, Agus Hartanto, mengungkapkan, Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata dan iNews untuk turut serta mempromosikan dan mendukung potensi serta kearifan lokal melalui pariwisata, budaya, pendidikan dan UMKM.

Melalui kegiatan ini, Adira Finance ingin juga mengajak seluruh masyarakat dan keluarga besar Adira Finance (nasabah, mitra bisnis, dan karyawan Adira Finance) untuk berpartisipasi mendukung serta mempromosikan kearifan lokal melalui berbagai lombah.

Agus mengatakan, nantinya dalam Festival Pesona Lokal akan diberikan penghargaan Kota Paling Mempesona dari Kemenpar (Pesona Indonesia), Adira Finance dan iNews kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah, serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut.

Penganugerahan penghargaan akan dilaksanakan pada program tv Indonesia Award yang akan ditayangkan di iNews.

“Kementerian Pariwisata menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Lokal. Dalam pengembangan sebuah destinasi harus terpenuhi 3A, yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.”

“Festival Pesona Lokal merupakan salah satu bentuk atraksi yang mampu menarik wisatawan untuk mengujungi destinasi. Semoga Festival Pesona Lokal dapat berkontribusi dalam mendukung tercapainya target 275 juta pergerakan wisatawan nusantara dan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” jelas Agus dalam konferensi pers di Le Polonia Hotel, Medan, Jumat (21/9/2018).

Agus menambahkan, pihaknya menargetkan 5.000 peserta dalam acara tersebut. Masyarakat yang ingin menyaksikan dipersilahkan hadir.

“Semoga ini bisa jadi event tahunan iconic di Medan. Sehingga bisa menambah jumlah kunjungan wisatawan, baik asing dan lokal ke Kota Medan, Sumatera Utara,” ungkapnya.

Selain digelar di Kota Medan, Festival Pesona Lokal juga digelar di Bandung (2/09/2018), Solo (9/09/2018), Bali (23/09/2018), Makasar (7/10/2018), Pontianak (14/10/2018), Malang (14/10/2018), Palembang (4/11/2018) dan Jakarta (11/11/2018).

Regional Sales Manager Durable Area I, Dedi Kurniawan mengungkapkan, untuk mengikuti berbagai perlombaan di Festival Pesona Lokal tersebut, bisa didaftarkan melalui microsite Festival Pesona Lokal di bit.ly/festivalpesonalokal. Pemanfaatannya telah dibuka sampai 5 Oktober 2018.

“Kami juga akan menghadirkan artis ibu kota Siti Badriah dan artis lokal lainnya untuk menghibur para pengunjung yang hadir,” ungkapnya.

Account Manager Area Sumbagut Adira Insurance, Djadi Djoentak, menambahkan, untuk memaksimalkan acara tersebut, pihaknya juga menyediakan asuransi personal accident kepada para pengunjung.

“Para pengunjung bisa mendaftarkan asuransinya saat menyaksikan acara itu dengan membawa KTP atau KK. Sehingga mereka tak perlu khawatir dan merasa aman selama menyaksikan berbagai rangkaian acara Festival Pesona Lokal itu,” ungkapnya. [rez]

Apa Tanggapan Anda?