Home / BINJAI / POLITIK / SUMUT / Ketua DPC PDI – P Kota Binjai, M.Syarif Sitepu : Pancasila Sebagai Bintang Penuntun

Ketua DPC PDI – P Kota Binjai, M.Syarif Sitepu : Pancasila Sebagai Bintang Penuntun


Ketua DPC PDI-P Binjai M.Syarif Sitepu

EDISIMEDAN.COM,Binjai – Pancasila 1 Juni 1945, di gali bung Karno dari Bumi Nusantara merupakan Kristalisasi nilai nilai peradaban suku , agama, adat, kebudayaan, kebiasaan keseharian yang heterogen yang telah ada berabad abad tahun lamanya, yang mengakar dan menghunjam kuat pada kepribadian umumnya rakyat Indonesia yaitu jiwa dan semangat GOTONG ROYONG.

Bergotong royong mempunyai makna bekerja sama untuk mencapai tujuan yang di dambakan. Nilai nilai filosofis gotong royong itu sendiri di sampaikan oleh Bung Karno pada sidang BPU PKI tanggal 1 Juni 1945 tentang konsep dasar negara yaitu Pancasila.

Pancasila bersifat dinamis, dapat menghimpun tenaga Indonesia dan mempersatukan Indonesia sebut  Bung Karno, dalam mengimplementasikan Pancasila, maka didalamnya terkandung nilai nilai : Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan/perwakilan, Keadilan sosial.

Maka setiap produk hukum baik pusat maupun produk hukum daerah harus dan wajib hukumnya memiliki nilai nilai Pancasila, karena Produk Hukum ini akan mengatur semua tata kelola pemerintahan, pengusaha dan rakyat ( tripartid).

Baca Juga:  Warga Pakpak Bharat Minta Pendampingan Pemerintah untuk Mengelola Potesi Daerah

Produk hukum harus mampu memberikan :1. Kebebasan beragama dan keyakinan, bagi pemeluknya dan menjamin keamanan beribadah umatnya, 2.Memberikan dan melindungi hak hak kemanusiaannya 3. Bersipat mempersatukan, tidak memecah belah antar kelompok, golongan tertentu 4.Memberikan ruang dan waktu yang cukup kepada rakyat untuk berpastisipasi dalam demokrasi / perwakilan. 5. Memberikan rasa keadilan.

Untuk mencapai masyarakat yg berkeadilan sosial, maka nilai nilai pancasila mutlak hukumnya untuk diimplementasikan, akan timbul kepercayaan rakyat yang sangat kuat kepada pemimpinnya, pengusaha akan sangat kondusif karena di topang oleh pemerintahan yang punya legitimasi dan kepercayaan yang kuat dari rakyatnya, ini akan menghasilkan energi persatuan indonesia yang sangat besar .maka tidak dibisa pungkiri nilai nilai Pancasila menyimpan energi yang sangat besar.

Energi yg di hasilkan dari implementasi pancasila akan mampu mempersatukan perbedaan dan mewujudkan cita cita gotong royong yaitu keadilan sosial, maka Pancasila sebagai Idiologi negara wajib hukumnya dalam pembentukan produk hukum harus mengakomodasi nilai – nilai dari sila – sila Pancasila.

Baca Juga:  Sihar Sitorus: Olahraga Butuh Otak Pintar

Bung Karno mengatakan, Pancasila bersipat dinamis, karena kedinamisaannya Pancasila akan tetap dapat digunakan sebagai Idiologi sepanjang masa untuk menjaga dan mewujudkan cita cita kemerdekaan yaitu keadilan sosial bagi rakyat Indonesia (OP)

Tulisan artikel dalam rangka peringatan bung Karno.

Oleh : M.Syarif Sitepu (Ketua DPC PDI-P Binjai / Wakil Ketua DPRD Binjai) Merdeka……

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up