Home / MEDAN TODAY / Ketua TP PKK Kota Medan Resmikan Green House Hidroponik Kecamatan Medan Johor

Ketua TP PKK Kota Medan Resmikan Green House Hidroponik Kecamatan Medan Johor


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu  Bobby Nasution meresmikan Green House Hidroponik PKK Anak Johor di Taman Cadika Jalan Karya Wisata Kecamatan Medan Johor, Rabu (7/7). Selain pengguntingan pita, Peresmian ini juga ditandai dengan penerimaan CSR BRI Peduli Woman Communi-Tree Bantuan Urban Farming.

Bantuan CSR tersebut diterima Ketua TP PKK Kota Medan dari Senior Manager Regional Medan Adawiyah Puspitasari sebagai mewakili Srikandi BRI. Green House Hidroponik ini merupakan bantuan CSR dari Bank BRI dengan program Srikandi BRI.

kemudian Ketua TP PKK Kota Medan didampingi Wakil Ketua I TP PKK Kota Medan Ny Shaula Arindianti Aulia Rachman, Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi, Ketua TP PKK Medan Johor Erina Malyani Zulfakhri Ahmadi, meninjau kedalam green house. Dalam peninjauan tersebut Ketua TPP juga menanam beberapa sayur-sayuran. Adapun tanaman yang di tanam di dalam green house tersebut diantaranya kangkung, bayam, pakcoy, sawi pagoda, sawi baby thailand dan salada. Selain sayur, green house ini juga terdapat tanaman buah seperti melon untuk tahap pertamanya.

Baca Juga:  PK5 Pasar Kampung Lalang Ditertibkan

Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution sangat mengapresiasi langkah Kecamatan Medan Johor dalam membuat Green House Hidroponik ini. Apalagi Kecamatan Medan Johor dan TP PKK Kecamatan Medan Johor berkolaborasi dengan Srikandi BRI.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung Green House Hidroponik Kecamatan Medan Johor. tentunya langkah ini sangat baik karena dapat memanfaatkan lahan untuk tanaman hidroponik. Selain itu diharapkan ini dapat menjadi contoh untuk Kecamatan lainnya di Kota Medan,” Kata Ketua TP PKK Kota Medan.

Sebelumnya Camat Medan Johor, menjelaskan pengelolaan hidroponik ini dikelola oleh PKK Kecamatan Medan Johor. Selain menyediakan green house, disini juga disiapkan pondok dengan nama Pojok Anak Johor. Tempat ini digunakan untuk memasarkan produksi dari hasil tanaman hidroponik green house tersebut.

Disamping mengelola, Zulfakhri menambahkan, hasil panen dari hidroponik tersebut juga akan dikelola menjadi makanan jadi seperti nugget, ice cream, peyek dan lain sebagainya. Jadi tidak hanya menyediakan sayuran segar, tetapi olahan dari hasil tanaman hidroponik tersebut juga akan dipasarkan di POJOK Anak Johor ini.

Baca Juga:  Balai Bahasa Sumut Buka Kelas Menulis Puisi untuk Siswa SMP

“Untuk tahap pertama ini dikelola PKK Kecmatan Medan Johor. Karena tujuan daripada program Srikandi BRI ini adalah untuk kegiatan bagi para wanita. Tidak menutup kemungkinan juga untuk kedepannya kita akan menggaet para millenial yang wanita untuk ikut bergabung mengelola tanaman hidroponik yang ada di Kecamatan Medan Johor,” kata Camat Medan Johor.

Mantan Sekretaris Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan ini  berharap, dengan dibukanya green house ini dapat memberi masukan bagi ibu-ibu rumah tangga dan juga para remaja millenial khususnya wanita akan dilatih untuk ikut bergabung. “Kedepannya juga akan kita jadikan bahan edukasi bagi anak-anak sekolah kalau mereka pengen tahu bagaimana cara menanam hidroponik, mereka bisa mengunjungi ketempat kita ini,” harapnya. (red)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up