Koalisi Partai Pendukung Prabowo Usung Edy Rahmayadi di Pilgubsu

2
583
Tiga partai politik pendukung pencapresan Prabowo Subianto, Gerindra, PKS dan PAN berkoalisi mendukung pencalonan Letjend Edy Rahmayadi untuk bertarung dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Tiga partai politik pendukung pencapresan Prabowo Subianto, Gerindra, PKS dan PAN berkoalisi mengusung pencalonan Letjend Edy Rahmayadi untuk bertarung di Pilgubsu 2018.

PAN menjadi partai terakhir yang menyatakan dukungan ke Edy Rahmayadi. Sebelumnya, Edy telah mendapat dukungan Gerindra dan PKS.

“Kita ke Edy. Nanti DPP akan menegaskan itu dalam pelantikan DPW PAN Sumut 10 Desember,” kata Ketua DPW PAN Sumut Yahdi Khoir Harahap, Senin (4/12/2017).

Menurutnya, dukungan PAN kepada Edy Rahmayadi, karena aspirasi kader di bawah.

“PAN akan mengeluarkan SK dukungan ke Edy yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen DPP PAN untuk dipergunakan mendaftar ke KPU Sumut. SK nya nanti pas mau mendaftar (diserahkan),” terangnya.

BERITA TERKAIT

Pengamat politik asal Universitas Sumatera Utara (USU) Warjio mengatakan, bergabungnya Gerindra, PKS, dan PAN dalam satu koalisi sudah diperkirakan sebelumnya.

“Ini koalisi Pilpres rasa Sumut,” kata Warjio.

Warjio bilang, dengan koalisi ini pertarungan Pilgub Sumut akan menjadi panas.

Hampir dipastikan akan terjadi pertarungan dua pasangan calon (head to head) antara gubernur petahana Tengku Erry Nuradi dan penantangnya Edy Rahmayadi.

Erry saat ini telah mendapat dukungan Golkar (17 kursi), Nasdem (5 kursi), PPP (4 kursi) PKPI (3 kursi), dan PKB (3 kursi). Sedangkan, Edy memiliki dukungan dari Gerindra (13 kursi), PKS (9 kursi) dan PAN (6 kursi).

“Edy representasi ketegasan, sementara Erry cenderung dianggap tidak memiliki ketegasan dan terkesan lemah dalam kepemimpinan. Saya kira ini adalah pertarungan figur Erry dan Edy. Kalau pun ada calon lain muncul, saya kira dukungan akan mengkristal di dua kubu ini,” paparnya.

Hingga saat ini, tinggal tiga parpol pemilik kursi DPRD Sumut yang belum menentukan dukungan di Pilgub. Ketiganya yakni PDIP, Demokrat dan Hanura. [ded|bbs]

Apa Pendapat Anda?