Home / / Korupsi Pesta Danau Toba, Kejatisu Tunggu Pelimpahan 2 Tersangka Lainnya dari Poldasu

Korupsi Pesta Danau Toba, Kejatisu Tunggu Pelimpahan 2 Tersangka Lainnya dari Poldasu


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengaku belum bisa melimpahkan berkas kasus korupsi Pesta Danau toba TA 2012 dengan tersangka mantan Kepala Bappeda Simalungun, Jan ‎Wanner Saragih ke Pengadilan Negeri (PN) Medan. Sebab, pihak penyidik kejaksaan harus menunggu pelimpahan tahap II, dua tersangka lainnya dalam kasus ini dari Polda Sumut."Iya seharusnya sudah kita limpahkan berkas tersangka Jan Wanner Saragih ke Pengadilan Negeri (PN) Medan. Tapi karena ada dua tersangka lain yang belum dilimpahkan ke kita jadi kita tunggu sekalian pelimpahan kedua tersangka dari Polda," sebut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian, Jum'at  (2/2/2017).Sumanggar menyebutkan kedua tersangka yang masih ditunggu yakni Jamsan Munthe dan Iman Nainggolan yang rencana akan segera dilimpahkan ke penyidik Kejatisu dari Polda." Ini kita tunggu pelimpahan tersangka dulu baru secara bersamaan akan kita limpahkan ke Pengadilan. Jadi tidak satu- satu pelimpahannya," bebernya.BACA SEBELUMNYAKorupsi Rp 3 Miliar, Plt Kepala Bappeda Simalungun Dijebloskan ke Rutan Tanjung GustaSebelumnya , ‎Kejatisu menerima pelimpahan berkas dan tersangka kasus dugaan korupsi penyelengaraan Pesta Danau Toba Tahun 2012 bersumber dari dana hibah sebesar Rp. 3 Milyar yang bersumber dari P-APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun anggaran (TA) 2012. Tersangka Jan ‎Wanner Saragih selaku Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Simalungun diserahkan oleh tim penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumut ke Kejatisu, Kamis (19/1/2017) kemarin."Tersangka yang dibawa oleh pihak Poldasu tiba di Kejatisu pada pukul 10.00 WIB. Kemudian diperiksa Jaksa Penyidik Pidsus Kejatisu di Ruangan Pidsus selama Dua Jam serta selanjutnya diperiksa kesehatanya oleh dokter di Klinik Kejatisu," ungkap, Sumanggar.‎Dalam kasus ini, Jan Wanner Saragih yang dalam kegiatan itu sebagai ketua panitia disangkakan telah merugikan keuangan negara dengan penghitungan kerugian negara (PKN) mencapai Rp 800 juta dari anggaran senilai Rp 3 miliar bersumber dari P-APBD Pemprov Sumut tahun 2012.Setelah dilakukan administrasi perkara, Pidana Khusus (Pidsus) Kejatisu menitipkan ‎tersangka ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Tanjung Gusta Medan, 14 hari kedepan. [ska]

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) mengaku belum bisa melimpahkan berkas kasus korupsi Pesta Danau toba TA 2012 dengan tersangka mantan Kepala Bappeda Simalungun, Jan ‎Wanner Saragih ke Pengadilan Negeri (PN) Medan. Sebab, pihak penyidik kejaksaan harus menunggu pelimpahan tahap II, dua tersangka lainnya dalam kasus ini dari Polda Sumut.

“Iya seharusnya sudah kita limpahkan berkas tersangka Jan Wanner Saragih ke Pengadilan Negeri (PN) Medan. Tapi karena ada dua tersangka lain yang belum dilimpahkan ke kita jadi kita tunggu sekalian pelimpahan kedua tersangka dari Polda,” sebut Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasi Penkum) Kejatisu, Sumanggar Siagian, Jum’at  (2/2/2017).

Sumanggar menyebutkan kedua tersangka yang masih ditunggu yakni Jamsan Munthe dan Iman Nainggolan yang rencana akan segera dilimpahkan ke penyidik Kejatisu dari Polda.

Baca Juga:  Polres Asahan Gagalkan Perdagangan Orang Asing ke Malaysia

” Ini kita tunggu pelimpahan tersangka dulu baru secara bersamaan akan kita limpahkan ke Pengadilan. Jadi tidak satu- satu pelimpahannya,” bebernya.

BACA SEBELUMNYA

Korupsi Rp 3 Miliar, Plt Kepala Bappeda Simalungun Dijebloskan ke Rutan Tanjung Gusta

Sebelumnya , ‎Kejatisu menerima pelimpahan berkas dan tersangka kasus dugaan korupsi penyelengaraan Pesta Danau Toba Tahun 2012 bersumber dari dana hibah sebesar Rp. 3 Milyar yang bersumber dari P-APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun anggaran (TA) 2012.
Tersangka Jan ‎Wanner Saragih selaku Plt Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPEDA) Simalungun diserahkan oleh tim penyidik Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumut ke Kejatisu, Kamis (19/1/2017) kemarin.

“Tersangka yang dibawa oleh pihak Poldasu tiba di Kejatisu pada pukul 10.00 WIB. Kemudian diperiksa Jaksa Penyidik Pidsus Kejatisu di Ruangan Pidsus selama Dua Jam serta selanjutnya diperiksa kesehatanya oleh dokter di Klinik Kejatisu,” ungkap, Sumanggar.‎

Baca Juga:  Beredar Video Pertengkaran Oknum Pegang Senpi dengan Satpam Komplek, Ini Penjelasan Polisi

Dalam kasus ini, Jan Wanner Saragih yang dalam kegiatan itu sebagai ketua panitia disangkakan telah merugikan keuangan negara dengan penghitungan kerugian negara (PKN) mencapai Rp 800 juta dari anggaran senilai Rp 3 miliar bersumber dari P-APBD Pemprov Sumut tahun 2012.

Setelah dilakukan administrasi perkara, Pidana Khusus (Pidsus) Kejatisu menitipkan ‎tersangka ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IA Tanjung Gusta Medan, 14 hari kedepan. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up