Home / NEWSSUMUT / KPK RI Lakukan Monitoring di Labuhanbatu

KPK RI Lakukan Monitoring di Labuhanbatu


Ketua Satgas Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Wilayah I poto bersama Bupati Labuhanbatu pada acara Rapat Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegritas Pemerintah Kabupaten/Kota. (EdisiMedan/ist)

EDISIMEDAN.com, LABUHANBATU- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI melakukan Monitoring di Labuhanbatu, Kamis (7/6/2018) di Ruang Data dan Karya Kabupaten Labuhanbatu.

Ketua Satgas Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Wilayah I Juriawan Supriani berharap tindak pidana korupsi di seluruh Provinsi menurun, terkhusus di Sumatera Utara katanya pada Rapat Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Pencegahan Korupsi Terintegritas Pemerintah Kabupaten/Kota.

Juriawan mengatakan, pada tahun 2017 KPK hanya melakukan aksi pencegahan di 24 Provinsi. Dan di tahun 2018 KPK melakukan aksi di seluruh Indonesia. Katanya, Labuhanbatu merupakan wilayah terakhir yang dikunjungi untuk pelaksaan monev pada tahap pertama di Sumatera Utara.

“Tahun lalu Sumatera Utara stigma korupsinya sangat tinggi, dan mudah-mudahan bisa berkurang dengan di lakukan nya aksi pencegahan oleh KPK, jika ada informasi masyarakat masuk ke KPK setelah dilakukan proses dan datanya akurat, itu akan langsung dilakukan penindakan dari KPK,” ungkapnya.

Baca Juga:  76 Persen Penduduk Labuhanbatu Sudah Merekam Data E-KTP

Menurutnya, informasi yang paling bagus adalah informasi yang sumbernya dari lingkungan internal pemerintahan itu sendiri. Dia berharap dalam melakukan kegiatan aksi pencegahan, ada informasi yang bagus. Sehingga bisa langsung di tindak lanjuti.

“Dalam perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan semoga dapat terintegritas, sehingga mampu mengurangi tindak pidana korupsi, dalam pelaksanaan barang dan jasa kami tekankan untuk menutup celah korupsi, dari sisi kelembagaan ULP merupakan unit yang sangat penting dalam pengadaan, dan diharapkan dapat menjadi lembaga yang indevenden,” tutupnya.

Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap didampingi Sekretaris Daerah Ahmad Muflih selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada KPK dan para peserta rapat yang berasal dari 4 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Dan mengatakan, bersama-sama mendukung suksesnya pencegahan korupsi di seluruh Indonesia.

“Hal ini merupakan kesempatan bagi para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk lebih memahami pencegahan korupsi dalam pngelolaan anggaran agar terhindar dari tindak pidana korupsi di seluruh Kabupaten/Kota se-Indonesia,” sebut Bupati.

Baca Juga:  Bawa Sabu, Petani Ini Diringkus Polisi

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni, Sekretaris Daerah Labuhanbatu selatan, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Utara, Sekretaris Daerah Kota Tanjung Balai, seluruh OPD pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, dan seluruh peserta rapat yang terdiri dari 4 Kabupaten/Kota. [julian]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up