Home / POLITIK / KPU Sumut Patuhi Rekomendasi Bawaslu, Akan Legalisir Ulang Ijazah JR Saragih

KPU Sumut Patuhi Rekomendasi Bawaslu, Akan Legalisir Ulang Ijazah JR Saragih


Komisioner KPU RI, Ilham Syahputra beserta jajaran KPU Sumut saat gelar konfrensi pers usai acara Kampanye Damai Pilkada Sumut 2018, Minggu (18/2/2018) di Taman Budaya Medan. [edisimedan.com/medan]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara melaksanakan seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh Bawaslu dalam sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018. Sesuai jadwal yang diputuskan, maka pelaksanaan putusan tersebut akan dilakukan dalam 7 hari kedepan.

Ini disampaikan Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, Rabu (7/3/2018).

“Kan disana disebutkan ada 3 hari bagi kami untuk menindaklanjutinya dalam arti mempelajari, mengkaji. Setelah itu dia 7 hari melegalisir ulang. Kita tunggu aja prosesnya, karena yang diperintahkan pemohon yang melegalisir,” ucap Benget.

Terkait persoalan legalisir ulang ijazah milik JR Saragih, Benget mengatakan KPU akan menyurati pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur, JR Saragih-Ance Selian terkait jadwal mereka melakukan legalisir ijazah ulang dalam rangka memenuhi syarat untuk maju sebagai peserta di Pilgubsu 2018.

BERITA TERKAIT

Surat dari KPU Sumut ini menurut Benget Silitonga yakni mempertanyakan mengenai jadwal pasti pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat, PKPI dan PKB melaksanakan legalisir sebagaimana diputuskan oleh Bawaslu Sumut.

“Dalam putusan Bawaslu itu kan disebutkan agar pemohon melakukan legalisir ulang. Dan kami tentu tidak dalam tugas melakukan legalisir itu, namun kan putusannya itu melaksanakannya secara bersama. Ya kita tunggu aja jadwal dari mereka,” katanya.

Diketahui Bawaslu Sumut mengeluarkan beberapa keputusan terkait gugatan pasangan JR Saragih-Ance Selian terhadap KPU Sumut.

Putusan tersebut antara lain Pertama, memerintahkan pemohon (JR Saragih) untuk melegalisir ulang fotocopi ijazah SMA milik pemohon kepada instansi yang berwenang. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait tata cara legalisir ijazah, bersama-sama dengan termohon (KPU Sumatera Utara) dan diawasi oleh Bawaslu Sumatera Utara.

Kedua, memerintahkan pemohon untuk menyerahkan dokumen fotocopi ijazah SMA milik pemohon yang telah dilegalisir ulang kepada termohon dengan sebuah tanda terima khusus yang ditandatangani pemohon dan termohon.

Ketiga, memerintahkan kepada termohon untuk pelaksanaan legalisir ulang fotocopi ijazah SMA milik pemohon dari instansi yang berwenang ke dalam berita acara yang ditandatangani oleh pemohon, termohon. Dan menjadi dasar bagi termohon untuk menentukan status keterpenuhan/kelengkapan dokumen persyaratan pendidikan pemohon dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun 2018.

Selanjutnya, terhadap amar putusan seperti yang disebutkan di atas, dilaksanakan paling lama dalam tujuh hari kerja sejak putusan dibacakan oleh termohon.

Bawaslu memerintahkan KPU Sumut untuk membatalkan SK KPU No. 07/PL.03.3Kpt/12/Prov/II/2018. Bilamana hasil pelaksanaan legalisir ulang fotocopi ijazah pemohon SMA pemohon telah memenuhi syarat, KPU wajib menerbitkan SK baru. Bawaslu juga memberi waktu tiga hari bagi termohon untuk menindaklanjuti putusan tersebut paling lama 3 hari pasca-dibacakan. [ska]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up