Home / MEDAN TODAY / Lagi, Arkeolog Temukan Struktur Candi di Kota China Marelan

Lagi, Arkeolog Temukan Struktur Candi di Kota China Marelan


Tim arkeolog Balai Arkeologi Medan kembali menemukan satu struktur candi di halaman belakang rumah warga di situs Kota China Medan Marelan. Foto ilustrasi

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Tim arkeolog Balai Arkeologi Medan kembali menemukan satu struktur candi di halaman belakang rumah warga di situs Kota China Medan Marelan. Penggalian yang dilakukan sejak tanggal 12 April 2016 yang merupakan program membangun Rumah Peradaban itu dimotori Ichwan Azhari, sejarawan, pengajar dan ahli filologi (filolog) Indonesia.

Keterangan yang diperoleh Ichwan Azhari, struktur candi yang baru ditemukan itu diperkirakan berasal dari abad 12.  “Ini merupakan candi keempat yg ditemukan dalam 5 tahun terakhir eskavasi di kawasan ini. Penggalian masih akan berlangsung beberapa hari lagi,” ujar Ichwan.

Meski begitu, Ichwan menyayangkan walau sudah jelas lokasi ini ditemukan candi dan kota kuno yg eksis pada abad 12-16, dan merupakan jejak awal kota Medan, tapi Pemko Medan tetap tidak perduli.

“Sampai saat ini belum 1 cm pun lokasi situs yang dibeli Pemko Medan. Silakan datang melihat eskavasi dari jam 8 pagi sampai jam 17.00 WIB. Saat ini di lapangan juga turun tim dari Pusat Arkeologi Nasional Jakarta,” pungkas Ichwan Azhari. [ded]

Baca Juga:  Lagi, Pemko Medan Salurkan Bantuan Kepada Wartawan Terdampak Covid-19
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up