Home / MEDAN TODAY / Lebih 40 Jenazah Ditemukan, Warga Sipil Korban Terbanyak Tragedi Hercules

Lebih 40 Jenazah Ditemukan, Warga Sipil Korban Terbanyak Tragedi Hercules


MEDAN| Petugas Palang Merah Indonesia (PMI), Mohammad Safii mengungkapkan, warga sipil menjadi korban paling banyak dalam peristiwa jatuhnya pesawat Hercules di Smalingkar, Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa (30/6/2015).

Menurutnya, hingga pukul 15.00 WIB tadi, petugas PMI dan personil evakuasi lainnya, sudah mengevakuasi sekurangnya 40 jenazah dari lokasi kejadian ke RS Adam Malik Medan. Safii menduga jumlah korban lebih dari 60 orang.

Kondisi jenazah sendiri nyaris tidak bisa dikenali karena terbakar. Petugas kemudian memasukkan korban ke dalam kantong jenazah. Setiap kantong jenazah berisi antara 1 hingga 3 jenazah.  Namun petugas belum dapat menjelaskan identitas korban.

” Sejauh ini jenazah belum bisa diidentifikasi. Tapi memang korban sipil yang terbanyak. ┬áKarena pesawat jatuh di kawasan pemukiman warga, menimpa jasa sauna dan Spa, serta beberapa pekerja bangunan. Sampai siang tadi sudah lebih dari 40 kantong jenazah yang kami evakuasi,” ujarnya sesaat lalu.

Baca Juga:  Terkait OTT KPK, Ini Tanggapan Gubsu

Petugas mengalami kesulitan karena medan yang sulit. Banyak korban yang masih tertimpa reruntuhan bangunan. “Kita terus berupaya untuk membantu evakuasi. Mudah-mudahan jumlah korban tidak bertambah,” ujarnya.

Diberitakan, jatuhnya pesawat Hercules TNI Angkatan Udara di kawasan permukiman di kawasan Jalan Jamin Ginting, Selasa (30/06/2015), menyisakan pemandangan luar biasa di lokasi kejadian.

Kepulan asap tebal dan aroma benda terbakar begitu terasa di lokasi jatuhnya pesawat. Puing pesawat Hercules hangus sementara sejumlah kenderaan seperti mobil dan sepeda motor, ikut terbakar dan terlihat hanya meninggalkan besi berwarna hitam.

Beberapa rumah toko yang tertimpa jatuhnya pesawat juga porak poranda. Sebagian tembok lainnya ambruk tertimpa badan pesawat dan menghitam ikut terbakar. “Seperti habis perang saja,” ujar Robert penduduk sekitar. [Baca Juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat Hercules Seperti Medan Perang] [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up