Home / BINJAI / SUMUT / Lembaga Permasyarakatan Kota Binjai Berinovasi

Lembaga Permasyarakatan Kota Binjai Berinovasi


EDISIMEDAN.COM,BINJAI – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai terus berinovasi mengenalkan berbagai produk yang dihasilkan wargabinaan mereka agar dapat dilirik oleh masyarakat luas. Satu di antaranya, Lapas Binjai terus gencar melakukan promosi produk-produk wargabinaan kepada pengunjung yang datang untuk menitipkan makanan kepada keluarganya.

 

Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan produktivitas wargabinaan Lapas Binjai. Juga hal tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 57 tahun 2021 yang jatuh pada 27 April.

 

“Ketika pengunjung datang untuk menitipkan makanan kepada wargabinaan, kami mengajak mereka sebentar untuk datang ke galeri hasil karya wargabinaan. Sejak awal April kemarin sudah kami ayo-ayokan pengunjung untuk melihat sekaligus membeli produk wargabinaan,” kata Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Binjai, Raymond Andika Girsang, Selasa (20/4).

Baca Juga:  DPRD Binjai Minta Anggaran Pasar Tavip dan Bus Trans Ditinjau Ulang

 

Dia menjelaskan maksud dan tujuan mengajak pengunjung untuk singgah ke galeri hasil karya wargabinaan. “Adalah untuk memberi dukungan agar wargabinaan semakin semangat berkarya, memberi dukungan untuk meningkatkan pembinaan di Lapas Binjai dan memberi dukungan pembinaan di Lapas,” seru Raymond.

 

Adapun daftar produk hasil karya wargabinaan Lapas Binjai yakni, sayuran hidroponik labin yang merupakan pilot project lapas produktif di Binjai. Kemudian jenis sayuran hidroponiknya yakni, samhong, khailan, sawi botol, bayam, kangkung, selada, timun dan melon.

 

Sementara hasil karya pelatihan keterampilan pada program kemandirian berupa sandal jepit, tas rajutan, meubel. Kemudian ada juga mengungkapkan karya seninya berupa lukisan dan miniatur becak mesin, sepeda motor, dan lain lain.

 

“Kami jajaran kegiatan kerja juga menerima orderan meubel sesuai pesan masyarakat. Seperti pesanan Gereja Bethel Indonesia Salapian, yang turut mendukung produksi aargabinaan dengan memesan meubel berupa Mimbar Gereja,” ujar dia.

Baca Juga:  Melirik “Manuver” Politisi Golkar Binjai Miswar Hasibuan

 

“Mereka (pengurus GBI Salapian) mengatakan senang sekali membeli produk napi. Mimbarnya cantik dan bagus,” tambah Raymond menirukan ucapan salah satu pengurus GBI Salapian.

 

Karenanya, dia dan jajaran Giatja Lapas Binjai mengajak masyarakat untuk mempublikasikan produk yang dibeli dari galeri hasil karya wargabinaan ke media sosial pribadi dengan hastag #AkuBeliProdukNapi. “Hal tersebut dinilai sebagai wujud dukungan mempromosikan hasil karya wargabinaan dan juga puncaknya, Lapas Binjai akan menggelar kegiatan One Day One Prison’s Product pada 23 Maret 2021,” ujar dia.

 

Sementara, Kasubbid Pembinaan PI dan Kerjasama Kanwil Kemenkumham Sumut, Pariaman Saragih sudah mendukung hasil karya wargabinaan Lapas Binjai. “Saya turut mendukung produk hasil karya wargabinaan dengan membeli sayur Hidroponik Labin. Sayurnya mantap, segar-segar dan bersih. Saya suka sayuran hidroponik labin, saya cinta produk napi,” tukasnya. (OP)

Terkait


Berita Terbaru