Lia Anggia Nasution Resmi Dilantik Sebagai Ketua FJPI Sumut Periode 2018-2021

20

EDISIMEDAN.com,MEDAN: Setelah melalui proses yang panjang akhirnya Ketua Kepengurusan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara periode 2018-202, Lia Anggia Nasution dari Harian Sindo resmi dilantik pada Jumat (2/11/2018).

Dalam kata sambutannya, Lia Anggia Nasution mengatakan terimakasihnya kepada anggota FJPI yang telah mendukungnya untuk bisa menjadi ketua FJPI. Dan mengucapkan terimakasih kepada para undangan yang hadir. Ia menyatakan awalnya sangat berat ketika diminta menjadi ketua FJPI tetapi karena menurut nya siap tidak siap ia harus siap mengemban tugas yang sudah diamanahkan kepadanya.

“Saya berharap semua pihak dapat membatu dan mendukung saya dan FJPI untuk bisa maju dan berkembang dikemudian hari,”katanya.

Dalam kesempatan itu, Lia Anggia Nasution juga menyampaikan bahwa semangat jurnalis perempuan Sumatera Utara (Sumut) sudah hadir pada tahun 1919. Ketika itu sudah ada koran yang digawangi oleh perempuan. Namanya koran perempuan bergerak. Nama jurnalis perempuan tersebut, Butet Satijah, Ch. bariah, dan Siti Sahara.

Pada masa itu para jurnalis berjuang dan membuka koran sendiri dan berjuang dengan tulisannya seolah terkubur. sangat minim sekali fakta sejarah yang menyebutkan tentang mereka. Mereka hanya diketahui sebagai salah satu dari siswa dari salah satu sekolah pada masa zaman Belanda dulu. Tidak ada kejelasan profil mereka. Diharapkan Lia Anggia Nasution meski sejarah para jurnalis perempuan tersebut terkubur, tetapi bara semangat para jurnalis perempuan di era tahun 1919 itu bisa dijalankan oleh jurnalis saat ini. Dan FJPI Bisa membawa obor semangat dengan meneruskan menuliskan isu-isu penting dan progresif.

Disampaikannya juga adapun program yang akan dijalankannya dalam waktu dekat yakni kerjasama dengan Staekholder dan juga berbagai pihak. Kegiatan lainya juga akan menggelar sosialiasi yang tujuannya untuk kesejahteraan jurnalis perempuan.

” Program saya kedepan adalah bagaimana jurnalis perempuan memperoleh asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan dengan bekerjasama bpjs ketenagakerjaan dan juga bpjs kesehatan, ” tegasnya.

Adapun alasannya, bahwa jurnalis perempuan yang bekerja 24 jam sangat rentan dengan kecelakaan dan banyaknya perusahaan media yang belum memperjuangkan jurnalis perempuan sehingga menurutnya ini sangat penting.

Hadir, Wakil Ketua DPD RI, Darmayanti Lubis yang menyatakan sangat mengapresiasi terpilihnya Ketua baru di kepengurusan FJPI dan berharap apa yang diemban menjadi amanah.

“Saya sangat mengapresiasi dan semoga ketua terpilih lebih memahami dengan apresiasi warga Sumut dan saya juga meminta agar ketua yang lama diharapkan berperan lebih banyak ke tingkat pusat membawa nama Sumut sehingga kedepannya perempuan di Sumut ini terbukti orang orang yang berpotensi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelantikan dilakukan Ketua Umum Pengurus Pusat FJPI Ramdeswati Pohan, yang ditandai dengan penyerahan pataka kepada ketua terpilih, di Penang Corner Jalan Dr. Mansyur Medan.
Pelantikan itu disaksikan Anggota DPD RI Prof Prof.Dr.Ir.Hj Darmayanti Lubis, Anggota DPR RI Meutya Hafid, dan Caleg DPR RI Sutyas Handayani.

Kepengurusan FJPI baru terpilih lainnya diantaranya Rezkyy (Kliksumatera.com) sebagai Sekretaris, dan Eko Fitri Brahmawati (Alfatih.com) sebagai Bendahara. ( Mahbubah Lubis)

 

Apa Tanggapan Anda?