Home / NEWS / Liang Lahat Sudah Disiapkan, Jenazah Angeline Batal Dimakamkan

Liang Lahat Sudah Disiapkan, Jenazah Angeline Batal Dimakamkan


Foto: Internet

DENPASAR| Sedianya pemakaman jenazah Angeline akan dilakukan hari ini, Selasa (16/6/2015). Namun prosesi pemakaman urung dilakukan menyusul pemulangan jenazah Angeline ke Banyuwangi batal dilaksanakan. Alasannya, polisi belum menyelesaikan pemeriksaan terhadap Hamidah, ibu kandung bocah kelas 2 SD Sanur, Denpasar itu.

Sesuai rencana, jenazah Angeline dipulangkan sekitar pukul 09.00 Wita dari Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar ke kampung halaman di Kecamatan Glenmor, Selasa (16/6/2015).

Bahkan, rekan sekolah Angeline dan para guru SD sudah datang ke rumah sakit. Mereka datang untuk mengikuti prosesi pemulangan Angeline ke Banyuwangi.

Tak hanya itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai D Mantra serta Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama juga turut hadiri rencana pelepasan itu.

Warga Dusun Wadung Pal, Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi sendiri ikut mempersiapkan penyambutan kedatangan jenazah Angeline di rumah Misyah (68), nenek Angeline di RT 5, RW 3. Jalan kecil di barat kantor Desa Tulungrejo menuju rumah duka, oleh warga telah dibersihkan. Semua itu dilakukan secara gotong royong.

Baca Juga:  Dilarang Berjualan, Manatap Tikam Satpam ALS Hingga Tewas

Terkait makam, hingga kemarin masih belum digali. “Makam akan digali kalau jenazah sudah meluncur ke Banyuwangi,” ujar Camat Glenmore, Susanto Wibowo.

Ibu kandung Angelina, Hamidah, yang kini menunggu jenazah Angeline di RSUD Sanglah, Denpasar, Bali, akan pulang bersama jenazah almarhumah. “Keluarga di Bali akan pulang termasuk bu Hamidah bersama rombongan jenazah,” terang Salamah (47), kerabat Angeline seperti dikutip dari laman JPNN.

Paman Angeline, Ponimin (47), menyampaikan meninggalnya korban dengan cara tragis itu, membuat keluarga tidak terima. Polisi diminta untuk mengusut tuntas pelaku dan menghukum seberat-beratnya. “Minimal hukuman mati,” katanya.

Meninggalnya Angeline dengan cukup tragis, ternyata mengundang keprihatinan banyak pihak. Sejumlah karangan bunga, terlihat berjejer di sekitar rumah nenek korban. Karangan bunga itu datang dari Bupati Banyuwangi, Kapolres Banyuwangi, dan perkebunan PTPN XII.

Baca Juga:  Pengda AKP2I Sumut Minta Pemerintah Perpanjang Tax Amnesty

Selain itu, di antara karangan bunga itu juga ada dari Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa. Malahan, Mensos rencananya hari ini akan hadir untuk mengikuti pemakaman Angeline.

Warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, sudah menyiapkan liang lahat untuk Angeline. Bocah berusia 8 tahun itu akan dimakamkan di sebelah kakeknya. [Foto: Repro-Detik.com]
Warga Desa Tulungrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, sudah menyiapkan liang lahat untuk Angeline. Bocah berusia 8 tahun itu akan dimakamkan di sebelah kakeknya. [Foto: Repro-Detik.com]
Kepala Desa (Kades) Tulungrejo, Widi Purnomo, mengatakan rencananya bila jenazah Angeline tiba langsung dibawa ke musala yang ada di timur rumah Misyah. Di musala itu, jenazah akan disalatkan. “Jenazah sudah dimandikan di Bali, jadi kita hanya menyalatkan,” terangnya.

Untuk mengantisipasi melonjaknya petakziah, pihaknya telah menyiapkan kantong parkir. Untuk pengamanan, semua anggota Linmas di Desa Tulungrejo akan dikerahkan. “Ada 20 anggota Linmas yang kita siapkan, belum termasuk polisi dan Satpol PP,” ujarnya.

Tidak ketinggalan, Puskesmas Tulungrejo juga telah menyiapkan tenaga medis untuk prosesi pemakaman ini. Empat tenaga kesehatan, akan disiagakan di sekitar rumah duka. “Kita sudah siap,” cetus kepala Puskesmas Tulungrejo, dr. Bambang Hariyanto. [rez|jpnn]

Terkait


Berita Terbaru