Home / SUMUT / Listrik Padam, UNBK di Gunungsitoli Terhenti 20 Menit

Listrik Padam, UNBK di Gunungsitoli Terhenti 20 Menit


EDISIMEDAN.com, GUNUNGSITOLI – Pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Kota Gunungsitoli berjalan lancar, Senin (3/4/2017). Hanya saja, pelaksaan UNBK sempat terhenti lantaran padamnya aliran listrik.

Kepala SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli Fariasatulo Daeli SPd, mengakui jika sempat terjadi insiden pemadaman listrik saat pelaksanaan UNBK.

Menurut Fariasatulo Daeli, listrik sempat padam selama 20 menit, sehingga pelaksanaan UNBK di SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli berhenti.

“Tadi sempat terjadi pemadaman listrik sehingga kegiatan UNBK kita hentikan selama 20 menit. Sebelumnya kita telah koordinasi dengan Pemerintah Kota Gunungsitoli agar meminta PT PLN Area Nias tidak melakukan pemadaman saat UNBK berlangsung,” ujarnya.

Dia berharap, besok dan seterusnya pada pelaksanaan UNBK tidak terjadi lagi pemadaman, sehingga siswa yang mengikuti UNBK tidak terganggu.

Baca Juga:  Selewengkan Dana BPJS, Kejari Geledah RSUD Batubara

Siswa SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli yang mengikuti UN seharusnya 212 siswa, tetapi satu siswa tidak hadir.

Sekadar diketahui, dari 13 SMK se-Kota Gunungsitoli yang menggelar UN, sebanyak 4 SMK yang menggelar UNBK.

SMK yang menggelar UNBK adalah SMK Negeri 3 Gunungsitoli, SMK Negeri 1 Gunungsitoli, SMK Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli dan SMK Swasta Pembda Nias.

Sementara jumlah siswa SMK di Gunungsitoli yang mengikuti Ujian Nasional sebanyak 1.686 siswa. UN tingkat SMK digelar mulai hari ini 3 April 2017 sampai 6 April 2017.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli Bowonama Lase kepada wartawan, ketika dihubungi melalui telepon seluler, Senin (3/4/2017).

“Hari ini UN tingkat SMK, dan SMK yang menggelar UN se-Kota Gunungsitoli pada hari ini hingga tiga hari kedepan, ada 7 SMK Negeri dan 6 SMK Swasta. Siswa SMK yang mengikuti UN sebanyak 1.686 siswa, diantaranya 987 siswa laki laki dan 699 siswa perempuan,” terang Kabid Dikdas Bowonama Lase melalui telepon seleuler.

Baca Juga:  Akibat Banjir Bandang, Satwa Langka Koleksi Taman Hewan Siantar Juga Hilang

Menurutnya, untuk UN tingkat SMK, SMA/MA, kita Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli hanya sekadar menfasilitasi dan mengakomodir saja. SMK, SMA/MA kini ditangani Propinsi, dan UPTD Dinas Pendidikan Propinsi masih belum ada di Kota Gunungsitoli.

“Kita tidak mungkin lepas tangan, karena yang mengikuti UN sebagian besar adalah warga Kota Gunungsitoli,” terang Bowonama Lase.

UN SMA DIikutiĀ 1.381 Siswa
Tidak lupa dia memberitahu, UN tingkat SMA/MA yang digelar tanggal 10 April hingga 13 April 2017. Siswa SMA/MA yang akan mengikuti UN ada sebanyak 1.381 siswa, diantaranya 674 siswa laki laki dan 707 siswa perempuan.

Sekolah tingkat SMA/MA yang akan menggelar UN se Kota Gunungsitoli ada sebanyak 18 sekolah. Diantara 18 SMA/MA yang akan mengikuti UN, 6 SMA Negeri, 7 SMA Swasta, 1 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) dan 4 Madrasah Aliyah Swasta (MAS).

Baca Juga:  1.292 Sekolah di Sumut Siap Gelar UNBK 2017

Dari 18 SMA/MA yang akan menggelar UN, hanya sebanyak 3 SMA yang menggelar UNBK. Ketiga sekolah tersebut SMA Negeri 1 Gunungsitoli, SMA Swasta Kristen BNKP Gunungsitoli dan SMA Swasta ST Xaverius. [IH]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up