Home / NEWS / Luhut ke MKD Setelah Kesaksian Riza Chalid Jam 11 Siang Ini

Luhut ke MKD Setelah Kesaksian Riza Chalid Jam 11 Siang Ini


JAKARTA, EDISIMEDAN| Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akhirnya memutuskan memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, hari ini, Senin (14/12/2015).

Selain Luhut, MKD juga memutuskan memanggil kembali Muhammad Riza Chalid. Ini merupakan panggilan kedua bagi Riza. Sebelumnya dia telah dipanggil, tapi mangkir pada Kamis 3 Desember 2015. Pemanggilan sang pengusaha didasari rekaman yang dilaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Sudirman Said.

Riza terekam dalam pembicaraan bersama Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin mengenai rencana perpanjangan kontrak karya perusahaan tambang yang akan berakhir pada 2021.

Dalam rekaman tersebut terdengar ketiganya membahas pembagian saham Freeport dengan mengatasnamakan presiden dan wakil presiden demi memuluskan negosias

Wakil Ketua MKD, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, dijadwalkan diminta keterangannya jam 13.00 WIB. Sementara Muhammad Riza Chalid dijawalkan pagi ini pukul 11.00 WIB.

Baca Juga:  Gudang Pengoplos Gas di Medan Tembung Digrebek Polisi, Puluhan Tabung Gas Disita

“Pemanggilan Luhut Panjaitan sekaligus klarifikasi penyebutan nama Luhut yang mencapai 66 kali dalam rekaman percakapan antara ketua DPR Setya Novanto, Riza Chalid, dan Presiden Direktur Freeport, Maroef Sjamsoeddin,”ujar Dasco.

BACA JUGA:
Tersudut Namanya Disebut, Emosi Luhut Tersulut
Ini Sikap Luhut Panjaitan Soal Kontrak Karya Freeport

Menurut Junimart Girsang, persidangan Luhut Panjaitan dan Riza Chalid akan terbuka. “Kami sepakat bahwa sidang hari Senin akan dibuat Terbuka,” ujar Junimart.

Penegasan ini seakan menjadi respon setelah Senin kemarin, sidang Ketua MKD, Setya Novanto, dilakukan secara tertutup. [BACA JUGA: Setya Novanto Membantah, Jokowi Marah dan Siap Lapor Polisi]. [ded]

Terkait


Berita Terbaru