Home / NEWSPROFIL / Lyodra Margareta Ginting, Anak Medan Juara Lomba Nyanyi di Italia

Lyodra Margareta Ginting, Anak Medan Juara Lomba Nyanyi di Italia


Lyodra Ginting (kanan) bersama menornya Gita Gutawa, berhasil meraih juara I (kategori 13-15 thn) dalam Festival Sanremo Junior yang diselenggarakan di Sanremo, Italia. (istimewa)

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Warga Medan patut berbangga, salah satu anaknya berhasil mengharumkan nama di sebuah festival internasional. Adalah Lyodra Ginting (13 thn), berhasil meraih juara I (kategori 13-15 thn) dalam Festival Sanremo Junior yang diselenggarakan di Sanremo, Italia.

Lyodra merupakan salah satu dari anak dalam project “Di Atas Rata-Rata” (DARR) asuhan Erwin Gutawa & Gita Gutawa.

Gita Gutawa selain menjadi mentor bagi Lyodra, juga menjadi ketua delegasi Indonesia yang dipercaya panitia festival untuk membawa wakil anak dari Indonesia.

Menurut salah seorang pejabat BEKRAF yang mendampingi delegasi, Dr Andre Notohamijoyo, Sanremo Junior Festival 2017 merupakan kompetisi menyanyi internasional untuk soloist anak umur 6-15 tahun.

“Ini edisi yang ke 8. Total ada 22 peserta dari 18 negara, seperti Italia, Rusia, Yunani, Malta, Romania, Hungaria, Cina, dan Filipina. Lyodra adalah kontestan satu-satunya dari Indonesia,” papar Andre.

Ditambahkan Andre, dalam ajang tersebut, Lyodra menyanyikan lagu “Dear Dream” (cipt. Erwin Gutawa, Gita Gutawa, & Ria Leimena) diiringi oleh Sanremo Symphonic Orchestra.

PROFIL LYODRA GINTING

Lyodra Margaretta Ginting adalah putri sulung dari pasangan Simar Ginting dan Natalia Johanna.

Baca Juga:  Departemen Neurologi Fak USU Kembali Lantik Spesialis Neurologi

Bakat menyanyi Lyodra sudah terlihat sejak kecil. Lyodra kerap mengikuti sejumlah perlombaan menyanyi sejak sekolah dasar kelas 4.

Lyodra Ginting yang menamatkan pendidikan SMP di Santo Ignasius Medan, dan saat ini masih menjadi pelajar di SMA Santo Thomas 2 Medan.

Sebelum bergabung dengan grup musik besutan Gita Gutawa dan Erwin Gutawa, “Di Atas Rata-Rata ” generasi kedua, ia juga sempat mewakili kota kelahirannya, Medan, untuk mengikuti pertandingan bernyanyi di Jakarta.

“Waktu itu lagi ikut festival di Jakarta, ketemu sama orang baru, katanya lagi ada audisi Di Atas Rata-Rata, bisa kirim video aja karena kami jauh di Medan. Yaudah tuh kita kirim,” ucap ayah Lyodra, Simar Ginting, Selasa (9/5/2017).

BACA JUGA

“Tapi bersamaan dengan itu, Lyodra juga ikut audisi Indonesia Mencari Bakat, dan lolos. Tiba-tiba di pertengahan, dihubungi sama pihak Erwin kalau Lyodra lolos di Di Atas Rata-Rata, tapi aku bilang enggak bisa karena masih ikut IMB kan,” lanjutnya.

Meski sempat menolak tawaran dari ayah Gita Gutawa tersebut, rupanya bakat yang dimiliki Lyodra membuat Erwin rela menunggu gadis berusia 13 tahun itu, agar mau bergabung dengan DARR generasi kedua.

Baca Juga:  Kinara, Korban Selamat dari Pembunuhan Sekeluarga Alami Trauma Fisik dan Mental

“Terus waktu itu kan Lyodra tersisih di 6 besar IMB. Habis itu kami ditelepon lagi sama pihak Erwin dan ditanya, ‘bisa kontrak atau enggak?’ Yaudah akhirnya dari situ deh bergabungnya,” katanya.

Lyodra akhirnya mulai serius berlatih vokal. Meskipun Lyodra aktif dengan kegiatan bernyanyinya, ia tidak lupa dengan kewajiban utama, yaitu bersekolah. Terbukti dengan prestasinya di SMP St. Ignatius, Medan Johor, ia berhasil masuk ke dalam kelas unggulan.

“Dia sekarang kelas 2, lumayan anaknya kalau sekolah, ya fokus sekolah. Kalau ada event, fokus event. Masuk kelas unggulan juga, (peringkat) masih tembus 10 besarlah,” ucap Simar.

Pelantun ‘Janji untuk Mimpi’ itu selalu berusaha untuk bisa mampu membagi tugas antara sekolah dan kariernya sebagai penyanyi. Apalagi sejak bergabung dengan DARR, ia kerap mendapatkan undangan untuk tampil di sejumlah acara, baik itu di Jakarta ataupun kota lainnya.

Lalu, gimana ya cara Lyodra agar tidak ketinggalan sekolahnya?

“Lyodra itu kalau udah di sini (Medan) pasti dia sibuk tanya-tanya PR, terus juga tanya sama gurunya, apa yang dia kurang selama ini,” tuturnya.

Baca Juga:  Tekuk PSM 2-1, PSMS Ungguli Persib di Klasemen Grup A

Usaha kerasnya yang harus membagi waktu antara sekolah dan karier pun kini berbuah hasil. Ia terpilih dari 7 anak DARR lainnya untuk bisa mewakili Indonesia pada Festival Sanremo Junior yang diselenggarakan di Sanremo, Italia, beberapa hari lalu.

Ia bahkan berhasil menjadi juara pertama pada kategori usia 13-15 tahun, setelah mengalahkan peserta dari 18 negara di seluruh dunia, mulai dari Italia, Rusia, Perancis, Yunani, Malta, Romania, Hungaria, Cina, Filipina, dan beberapa negara lainnya.

Lyodra Ginting

Lewat lagu ‘Janji untuk Mimpi’ karya Gita Gutawa dan Erwin Gutawa itu, Lyodra berhasil memukau ratusan penonton yang telah memenuhi auditorium Sanremo, Italia.

Simar menuturkan jika saat ini belum bertemu dengan sang buah hati, karena Lyodra masih berada di Italia bersama Gita Gutawa dan seorang asistennya.

Rencananya, Lyodra baru tiba di Tanah Air pada Kamis, 11 Mei mendatang, dan akan kembali ke Medan pada Minggu 14 Mei. [red]

Terkait


Berita Terbaru