Home / PENDIDIKAN / Mahasiswa Dituntut Berpandangan Luas dan Tumbuhkan Moral Akademis

Mahasiswa Dituntut Berpandangan Luas dan Tumbuhkan Moral Akademis


EDISIMEDAN com, MEDAN:  Mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) diharapkan menjadi mahasiswa yang memiliki cara pandang dan pemikiran yang luas agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Mahasiswa juga dituntut memiliki sikap moral akademik sehingga dapat menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Hal itu dikatakan Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap MA saat Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sumut 2021 dari Aula UIN Sumut, Jalan Williem Iskandar, Medan, Kamis (2/9). Kegiatan yang digelar secara virtual ini diikuti kurang lebih 5.575 mahasiswa.

“Pengembangan ilmu pengetahuan yang saat ini dilakukan dengan perkuliahan, baik secara daring dan luring serta pembentukan moral akademik berguna untuk mewujudkan atmosfir kampus yang integratif. Menjadi mahasiswa adalah memilih untuk belajar. Belajar menjadi tujuan utama,” kata Prof Syahrin.

Baca Juga:  UISU Peduli Lakukan Penyemprotan Disinfektan ke Mesjid-Mesjid

Rektor berharap mahasiswa baru yang belajar di UIN Sumut dapat meningkatkan intelektualitas dan spiritualitas sehingga menjadi generasi muda yang ulul albab dan kader bangsa. Dikatakan rektor, UIN Sumut merupakan kampus Islam modren yang mengusung moderasi beragama. Ia berharap ciri itu, dapat tercermin dari publikasi ilmiah, riset, penelitian maupun keseharian civitas akademika UIN Sumut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Nispul Khoiri, MA.menambahkan, selain studi akademi, untuk mengembangkan bakatnya, mahasiswa dapat aktif di unit kegiatan khusus dan unit kegiatan mahasiswa (UKK UKM) yang jumlahnya ada 10. Di antaranya, Menwa, Pramuka, Mapasta, Paskibra, LPM Dinamika, KSR PMI dan lainnya.

“UKK UKM berguna penting untuk pengembangan diri dan karakter mahasiswa yang baik dan sesuai visi misi kampus. Selain itu berbagai program apresiasi dan prestasi mahasiswa juga disajikan misalnya dengan banyak program beasiswa,” kata Nispul.

Baca Juga:  Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Untuk Pramuka Kwartir Ranting Medan Barat

Sementara Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan Dr Hasnah Nasution MA mengatakan, perkembangan sarana dan prasarana UIN Sumut saat ini terus berkembang. Salah satunya pembangunan kampus IV Tuntungan yang jadi kebanggaan dengan berbagai fasilitas modern. Di kampus IV ini, kata Hasnah, terdapat laboratorium terintegritas yang menyajikan puluhan laboratorium. Antara lain, fisika kuantum, biologi, hingga kesehatan lingkungan.

Turut memberi sambutan, yakni Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Marwan Dasopang ; Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Prof Dr Muhammad Ali Ramdani, Pabandya Komsos Sterdam I/BB Mayor Inf Eko Yudho Prayitno, SIP, Direktur Diktis Kemenag Prof Dr Suyitno, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag Ruchman Basori. (red)

Terkait


Berita Terbaru