Mahasiswa Unimed Raih Peringkat Di ajang MTQ Mahasiswa Nasional XIV 2019 DI Aceh

    29

    EDISIMEDAN.COM, BANDA ACEH – Universitas Negeri Medan berhasil meraih peringkat 7 nasional di ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional XIV 2019 yang di gelar di Universitas Syiah Kuala Aceh dari 28 Juli – 4 Agustus 2019. Perhelatan akbar ini dibuka oleh Dirjen Pembelajaraan dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikit) RI, Prof. Dr. Ismunandar di Stadion Mini Unsyiah, Minggu, 28 Juli 2019.

    Di awali dengan pawai 1.937 peserta hadir dari 179 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Sedang penutupan di tutup oleh Direktur Kemahasiswaan dan Karier, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd. pada 3 agustus 2019, didampingi Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. Ada 15 cabang yang dikompetisikan pada MTQ MN XV ini yakni : Tilawah Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syahril Qur’an, Qira’ah Sab’ah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Kontemporer, Pembacaan Kitab Maulid Nabi, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al Qur’an, Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an Bahasa Inggris dan Bahasa Arab serta Desain Aplikasi Komputer Al Qur’an.
    Saat Sekretaris Dewan Hakim Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. membacakan peringkat 10 besar MTQ MN XV ini, disebutkan Unimed berada pada peringkat 7 besar karena berhasil memperoleh 7 juara pada 15 kategori yang dikompetisikan. Prestasi yang berhasil diraih mahasiswa Unimed tersebut adalah Sandi Rahman Koto Juara 1 cabang Kaligrafi Dekorasi Putra, Muhammad Endiko Ananta Juara 2 cabang Tilawah, Muhammad Ersyad Ansyari Juara 3 cabang Qira’ah Sab’ah putra, Eva Sandi Juara Harapan 3 cabang Qira’ah Sab’ah putri, Rizki Fadli Rangkuti Juara Harapan 2 cabang Tartil, Tutur Achmad Syiddiq Juara 3 cabang kaligrafi kontemporer putra dan Tia Agustin Juara Harapan 1 cabang kaligrafi kontemporer putri.
    Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, pada Minggu  (4/8) setelah mendapat laporan dari ketua tim kafilah Unimed Dra. Dilinar Adlin, M.Pd. di Aceh, mengatakan, pihaknya sebagai  pimpinan dan seluruh civitas mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa Unimed yang telah membawa nama harum Unimed di ajang MTQ MN XIV di Aceh, karena telah berhasil mengukir prestasi sebagai peringkat 7 nasional.
    “Kami juga mengucapkan selamat dan terima kasih kepada seluruh kafilah Unimed dari pelatih, pendamping dan seluruh peserta yang telah berjuang secara maksimal,” kata rektor.
    Prestasi kafilah MTQ Unimed ini membawa kabar yang membanggakan dan menambah prestasi secara nasional bagi seluruh civitas Unimed. Semoga prestasi kafilah Unimed ini terus mendorong seluruh mahasiswa Unimed untuk tidak kenal lelah belajar dan mengasah diri dalam belajar dan berinovasi. “Tidak ada prestasi yang tak mungkin kita raih jika kita menerapkan dalam diri kita pesan rasul “man jadda wajadda (siapa yang sungguh-sungguh, pasti dapat),” katanya.
    Sementara ketua kafilah Unimed Dra. Dilinar Adlin, M.Pd. menyampaikan rasa syukur dan haru dari seluruh tim kafilah Unimed di Aceh, karena berhasil meraih peringkat 7 nasional.
    Prestasi ini dikatakanya merupakan buah dari kerja keras seluruh tim kafilah. “Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas masukan dan bimbingan Rektor Unimed Bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, beserta para wakil rektor, dekan dan direktur PPs, karena melalui pesan-pesan beliau, kami sangat termotivasi dan bergelora semangat untuk tampil terbaik di ajang MTQ MN XIV di Aceh ini,” ucapnya lagi.
    Sementara itu,  ia juga bersyukur hasilnya sangat membanggakan seluruh tim dan seluruh civitas Unimed, karena dinobatkan menjadi peringkat 7 nasional dari 1.937 peserta hadir dari 179 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang ikut berpartisipasi. (Mahbubah Lubis)

    Apa Tanggapan Anda?